where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Pastel Goreng Sayuran No Margarin

Pastel Goreng Sayuran minyak goreng

Aku suka banget sama gorengan pastel ini. Tapi males banget kalau harus bikin. Kalau beli..hmmm gimana yah.. pastel yang dijual disini tuh, baik yang diwarung maupun yang dipasar isinya sama, oseng-oseng singkong yang udah dikukus n dipotong dadu kecil dicampur mie. Kreatif kaaaa.. wkwkwkwk... gak jauh-jauh kan singkong sama kentang, xixixi... Maklum disini daerah kecil jadi gak bisa mau bikin-bikin kue harga mahal. Walaupun enak tetap saja kan judulnya mahal kalau harganya 2 rebu, untuk ukuran sini loh.. Makanya para penjual muter otak biar tetap bisa jualan macam-macam kue tapi dengan harga yang menarik pembeli. Enak sih pastel isi singkong dan mie ituh. Cuma bagiku agak kurang pantas, walahhhh gaya men..

Pastel Goreng Sayuran
sayurannya cuma segini tapi jadinya banyak
Setelah sekian lama ku melupakan pastel di grup ada yang posting resep pastel 12 nya mbak Tutty Frutty. Langsung ngiler karena yang posting kasih testi sangat positif. Katanya kriuknya tahan lama. Baiklaah aku langsung niat mencoba, cuma margarinya aku ganti minyak goreng, kenapa.. gak papa iseng aja, penasaran, huehue..kalau pakai margarin kan renyah biasanya, nah gimana kalau pakai minyak goreng.. Alhamdulillah renyah juga. Cuman gak tahan lama, kayaknya cuma soal ketepatan komposisi aja sih masalahnya. Gak masalah gak tahan lama, masih bisa dipanasin kok di oven, ntar juga kriuk lagi, xixixi..


Pastel minyak Goreng Sayuran
isi pastel gorengku


membentuk kulit pastel goreng
membentuk pastel





Pastel Goreng Sayuran

Pastel Goreng Sayuran No Margarin
Inspirasi Pastel 12 Tutty Frutty

Bahan Kulit;
250 gr terigu
13 sdm air atau hingga adonan bisa dipulung
50 ml minyak goreng atau zaitun, aslinya margarin 2 sdm munjung
1/2 sdt garam 
campur semua bahan kulit, uleni hingga kalis,lalu diamkan 15
menit,lalu di bagi 12
 

Bahan isi pastel;
3 butir telur rebus potong 4 bagian
3 sdm daging sapi atau ayam giling, aku gak pakai
1 bungkus soun, seduh, tiriskan, aku pakai 50 gr misoa
1 buah wortel, potong kotak kecil
1 buah kentang, potong kotak kecil, aku pakai 2 buah
1 batang bawang daun iris tipis
3 siung bawang putih diparut, aku pakai 2 bawang putih dan 3 bawang merah dicincang halus
1/4 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
1 sdt kaldu ayam bubuk
1/2 gelas air, aku 100ml


Cara membuat isian;
Panaskan 2 minyak goreng,lalu tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan daging atau ayam cincangnya, aduk-aduk sampai berubah warna, masukan wortel, kentang, aduk-aduk, tuangi air, masak sampai mendidih,lalu masukan garam, merica bubuk, gula pasir,kaldu bubuk, aduk rata, masukan soun/misoa dan bawang daun, masak hingga air mengering

Penyelesaian; 
Ambil 1 bagian kulit Pastel
Gilas dengan rolling pin atau gelas, lalu beri 1 sdm isian dan1 iris telur rebus, lalu lipat, pilin pinggirannya. atau bisa juga ditekan-tekan pinggirannya pakai garpu, seperti digambar diatas
Goreng pastel dengan api sedang hingga matang, angkat dan tiriskan. Lebih bagus lagi setelah ditiriskan dialasi tisu agar minyaknya lebih tiris

Selamat menikmati pastel goreng buatan sendiri.. oia pastel 12 ini jadinya jumbo-jumbo loh. Satu aja sudah bikin kenyang. Kecuali kalau kelaperan berat, huehue..

0 Response to "Pastel Goreng Sayuran No Margarin"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)