where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Percobaan Bikin Dorayaki

Percobaan Bikin Dorayaki

Gara-gara lihat DP BBM teman yang foto dorayaki cantik banget aku langsung tanya-tanya dan tanpa proses yang berbelit-belit beliau kasih resepnya.. wahhh baik banget mbak Srie Harwani padahal beliau ini jualan loh. Disitu tertulis kocok telur dan gulanya sampai agak kental, wadduuuhh aku gak ada mikser. Setelah chat sama temanku Paras bundanya Gibran aku dikasih resep dorayaki lagi yang lebih sedikit takarannya. Katanya coba dulu itu. Akhirnya aku cobain deh.. ini dia hasilnya.. Menurutku sih berhasil ya kecuali bentuknya yang masih gak rapi, hehe..

Aku sempat tanya juga kenapa pakai madu katanya buat warna dan ternyata emang iya, penambahan madu bikin warna kue dorayakinya jadi cantiiikk. Rata-rata resep dorayaki sama aja ya seperti pancake hanya saja ditambah madu. Resep asli disuruh menambahkan air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yang sedang, tidak kental dan tidak juga encer tapi ku ikutin sarannya ukhti Paras agar tidak menambahkan air ke adonan dan memang mantap.. oke ini dia resepnya


Percobaan Bikin Dorayaki
Resep asli dari FB Alfie Luph Faraz

Bahan basah;
1 butir telur
1 sdm gula, aslinya 4 sdm menurutku terlalu banyak, 1 sdm pas
1 sdm madu, bisa pakai madu sasetan contohnya madurasa
seujung sdt garam, tambahan aku sendiri biar rasanya seimbang

Bahan kering, diayak
4 sdm sedang terigu, aku timbang tepatnya 40gr
1/4 sdt soda kue, aslinya 1/2 sdt
jika ada bisa ditambahkan 1/4 sdt vanili atau 1 vanili bulat

Cara Membuat;
  • Campur semua bahan basah dalam mangkok, kocok dengan garpu atau whisker hingga gula larut
  • Masukkan semua bahan kering yang sudah diayak, aduk sampai rata dan licin, adonan sangat kental. Jika ingin dorayakinya lebih tipis adonan bisa diencerkan dengan menambahkan 1 atau 2 sdm air atau susu, aku tidak ditambahkan air
  • Tutup adonan diamkan selama 10 sampai 15 menit
  • Panaskan wajan datar anti lengket/teflon dengan api kecil tanpa diolesi apapun, tuang 1 sdm adonan, ratakan
  • setelah satu atau 2 menit periksa bawahnya, jika sudah berwarna kecokelatan, balik dan masak sisi satunya sampai matang

Dengan resep ini aku dapat 5 buah dorayaki mini. Kemudian aku tumpuk seperti digambar jadi cuman dapat 2 buah, yang satunya gak punya teman deh, hehe..olesannya aku pakai selai cokelat buatan sendiri yang versi vegan dan gluten free, resepnya silahkan KLIK DISINI, atau bisa juga pakai resep selai cokelatku yang pertama, resepnya KLIK DISINI, rasanya sama-sama enyaaakkk

0 Response to "Percobaan Bikin Dorayaki"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)