where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Pizza Kukus Topping Ayam Asam Manis

Pizza Kukus Topping Ayam Asam Manis


Ketagihan pizza nih, setelah percobaan kemarin suksesssss bikin pizza perdana yang dikukus dan dioven sekarang jadi pingin bikin lagi. Tapi kali ini bikinnya yang dikukus karena ternyata yang dikukus lebih enak, hehehe,, walaupun dioven juga bisa banget kok.. pokoknya suka-suka sajalah...pas juga dikulkas lumayan banyak sisa-sisa ayam goreng dari nasi kotak yang dibawa suamiku dari kantor, xixixi..

Kali ini mau cobain saus yang beda dari kemarin. Pas dilemari dapur ada saus saori asam manis dan dikulkas juga lagi banyak tomat jadi diberdayakan saya. Hasilnya wahhh... enaaaaakkkk...

Pizza Kukus Topping Ayam Asam Manis





Pizza Kukus Ayam Pedas Asam Manis (bisa juga dioven atau di teflon)
Resep oleh www.tehninit.com
Untuk 2 loyang bulat diameter 20 cm atau kurang lebih

Bahan roti pizza:
Bahan kering:
300 gr terigu, aku pakai terigu biasa alias all purpose
2 sdm maizena (20 gr)
1/2 sdt garam
1 sdm gula pasir
1 sdt ragi instan (1/4 bungkus)
Semua bahan kering di campur jadi satu dalam baskom, diaduk rata

Bahan basah:
200 ml air es
2 sdm minyak (aku pakai minyak zaitun)

Cara membuat roti pizza:
  • Masukkan semua bahan basah ke bahan kering, aduk rata pakai tangan, gumpalkan
  • Siapkan meja kerja untuk mengulen. Aku pakai nampan plastik besar ditaruh dilantai dan disangga pakai kaki
  • Siapkan 2 sdm terigu tambahan, taburkan sedikit diatas nampan, taruh adonan di atas nampan berterigu, lumuri telapak tangan dengan sedikit terigu, uleni adonan hingga kalis. Sebentar saja, sekitar 5 menit sudah kalis dan terlihat halus. Gunakan terigu yg 2 sdm tadi setiap adonan lengket
  • Jika adonan masih agak lengket setelah diuleni 5 menit, sedangkan tepung yg 2 sdm sudah habus, biarkan saja, jgn ditambah terigu, banting-banting saja adonannya.
  • Bulatkan adonan, taruh dinampan, tutup dengan serbet, diamkan sekitar 40 menit sampai 1 jam. Atau hingga adonan mengembang
  • Setelah mengembang bagi adonan menjadi 2 bagian

Sekarang kita siapkan topping ayam pedas asam manisnya untuk 2 loyang
Saus pedas asam manis:
2 sachet saori saus asam manis (boleh pakai merk lain, aku suka merk ini karena seger ada rasa nanasnya)
4 sdm saos sambal, bisa diganti saos tomat biasa jika gak mau pedas
1 sdt oregano kalau ada, gak pake juga gak papa
100 gr tomat potong tipis
Caranya; Semua bahan saus diaduk rata

Topping lainnya:
1 buah dada ayam yang sudah matang, suwir-suwir (aku pakai ayam goreng dan opor ayam sisa)
Keju quick melt secukupnya (aku pakai keju quick melt KW homemade)

Penyelesaian:
  • Siapkan 2 loyang, olesi tipis dengan minyak
  • Ambil satu bagian adonan. Ratakan adonan di loyang, tinggikan bagian tepinya, tusuk-tusuk dasarnya dengan garpu. Oles sausnya, ratakan
  • Taburi ayam suwir, kemudian taburi keju quick melt
  • didihkan kukusan, kukus 15 menit. Alasi tutup dandang dengan serbet supaya uap airnya tidak menetes
  • Jika dioven, tinggal panaskan oven dan oven sekitar 20 menit dengan api sedang, bisa dilihat dari kejunya yang sudah meleleh semua
  • Jika di teflon, sama caranya, ratakan adonan diteflon, tinggikan tepinya, tusuk-tusuk dasarnya dengan garpu, oles sausnya, taburi toppingnya, tutup teflonnya, taruh dikompor, masak dengan api keciiiil, hampir mati, hingga keju meleleh semua.
  • Jika pizza tidak habis bisa ditaruh dikulkas dan panaskan kembali dengan dikukus sebentar saja sekitar 5 menit
Pizza Kukus Topping Ayam Asam Manis

Keju quickmelt KW bisa dibikin sebelumnya
Bahan:
1 blok (180 gr) keju cheddar parut
300 ml air
3 sdm tepung tapioka atau maizena

Cara Membuat:
  • Campur semua bahan dalam panci kecil, aduk rata, baru kemudian panaskan diatas kompor hingga mendidih dengan api kecil sampai keju meleleh, adonan menjadi halus dan mengental, biarkan hingga uap panasnya hilang.
  • Tuang dalam toples atau dicetak juga bisa. Simpan dikulkas dalam toples tertutup
  • Untuk daya tahan pengalaman saya dua minggu dikulkas dalam toples tertutup masih bagus
  •  Jika ingin lebih cepat bisa dengan cara kejunya dipotong-potong kecil saja kemudian blender bersama susu cair dan maizena/tapiokanya, dengan cara ini keju lebih mudah meleleh dan menyatu hingga hasil kejunya nanti juga lebih mulus

ini saos yang aku pake, bukan iklan, hehe

0 Response to "Pizza Kukus Topping Ayam Asam Manis"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)