where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Selai Cokelat Rumahan


Kreatif bingits ya bunda-bunda di group kalau sudah menyangkut makanan hemat, huehuehue.. Kemarin lihat resep selai cokelat homemade ini, hari ini langsung coba bikin. Tadinya mau gak pakai margarin soalnya dah lumayan enak. Tapi penasaran juga ma resep aslinya, yaudah cemplungin margarinnya. Eh ternyata emang beda rasanya. Lebih enak dan familiar gitu. Gampang bingiittss bahkan lebih praktis dan ekonomis daripada beli saking gampangnya, 5 menit juga jadi. Oke deh ini resepnya aku tulis ulang dari resep bunda Arry grup aneka resep kue dan masakan enak alias ARKME. 

Waktu aku laporan di grup dan posting fotoku ini komennya positif dan ada yang aneh-aneh juga. Ada yang bilang kayak hati ayam apa sapi gitu, ada yang bilang kayak gumpalan darah.. walaahhh... wkwkwkwk.. gak papa lah yang penting enakss. Semoga bermanfaat buat pembaca blog juga yang pengen bisa bikin selai cokelat buatan sendiri dengan bahan-bahan terjangkau dan gak aneh-aneh..


Aku juga sudah bikin resep selai cokelat rumahan lainnya versi vegan dan gluten free KLIK DISINI

Selai Cokelat Rumahan
Resep oleh bunda Arry ARKME

Bahan:
3 sdm terigu
3 sdm coklat bubuk, aku pakai merk windmolen
1 sachet susu kental manis coklat, atau 4 sdm
gula 6 sdm, aku pakai 5 sdm
½ sdt vanili, aku pakai 2 vanili bulat
½ sdm margarin
250 ml air matang

Cara Membuat:
Ayak terigu dan coklat bubuk kemudian campur semua bahan kecuali margarin dalam panci kecil, aduk rata

Taruh panci diatas api, masak dengan api sedang hingga akan mendidih, kemudian kecilkan api, masak hingga mengental dan meletup-letup sambil terus diaduk-aduk hingga kental beberapa menit lagi. Tujuannya agar selai benar-benar tanak dan tidak mudah basi. Angkat dari api

Terakhir masukkan margarin, aduk rata hingga semua margarin tercampur rata, dinginkan sebentar, baru pindah ke toples bertutup dan simpan dikulkas agar daya tahan lebih lama.

Gunakan selalu sendok bersih saat mengambil selain. Pengalaman selai ini tahan 3 minggu dikulkas

PENTING PAKE BANGET
Gunakan cokelat bubuk kualitas baik. Gak harus mahal banget, pakai saja yang sering ada diwarung seperti yang biasa aku pakai merk windmolen, bukan iklan loh yaa.. suwer aku gak dibayar, yang gambarnya nona belanda ituh atau merk van houten kalau yang lebih mahal. JANGAN pakai yang curah atau sachetan untuk bikin selai ini karena nanti selainya bisa terasa asem dan kurang berasa nyokelat. Ini pengalaman ibu-ibu di grup yang sudah mencoba. Ciri cokelat bubuk yang enak dibikin selai adalah yang enak juga dibikin minuman. Kalau yang curah-curah itu biasanya cuma nyambung kalau dibuat kue tapi gak enak buat dibikin minuman. Kecuali curahnya yang bemerek entahlah ya.. soalnya pengalaman aku sukanya beli curah yang murah-murah sih, gubraaakkk

3 Responses to "Selai Cokelat Rumahan"

  1. Yang ini juga harus dicoba. Terimakasih. 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak..semoga suka ya..resep-resep ala low budget hahaha

      Delete
  2. Aamiin. Itu dia mba yang bikin saya suka tehninit.com karena low budget-nya. 😀

    ReplyDelete

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)