where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Bala-Bala Sayur Renyah Kriuk


Bala-Bala bakwan renyah Kriuk tehninit

Hampir sewindu berlalu, tenggelam dalam bacaan berbagai literatur cara membuat bakwan renyah kriuk. Mencobanya sesekali dan berakhir dengan nestapa karena tak ada yang yang berhasil membuatku berteriak EUREKA sambil jaipongan atau minimal goyang dua jempol diiringi hentakan musik yang berasal dari panci gosong yang digebuk pakai sutil sompal. wkwkwkwk...itu cocoknya break dance kali ya daripada jaipongan.

Bala-bala alias bakwan ini cukup membuat aku galau. Entahlah aku yang gak becus pakai resep atau apa ya kok gak berhasil. Kayaknya sih lebih daripada sok tahu dan meremehkan karena ini adalah gorengan yang semua lapisan usia bisa melakukannya, huehuehue. Hingga beberapa hari pas mau bikin gorengan buat para tukang kok hati tergerak ingin menaburkan sejumput soda kue dan berakhir sangatttt membahagiakan. Gorengannya kriyuk seperti didalam impian. Seperti pakai minyak banyak terendam padahal minyaknya pas-pasan.

Dulu aku pernah pakai baking powder tapi gorengan jadinya gembung-gembung dan ada rasa anehnya. Mungkin aku kebanyakan kali ya. Kali ini pakai soda kue insyaAllah pas kriuknya. Aku juga pernah coba pakai tepung beras, maizena, kalau pakai air kapur belum coba sih.  tapi ya begitu tu..gak sesuai sama yang dikhayalan aku. Teori jodoh-jodohan rupanya berlaku juga untuk resep ya, hahaha.. oke deh ini dia resepnya semoga para pembaca juga cocok. Oia dicara membuat juga aku sertakan tips menggoreng bakwan tetap renyah kriuk tanpa banyak minyak. Ngirit mak..
Bala-Bala bakwan Sayur Renyah Kriuk

Bakwan Sayur Renyah Kriuk
Hasil sekitar 35 buah bakwan sayur imut
Takaran yang dipakai gelas ukuran 200 ml

Bahan adonan tepung:
300 gr terigu (3 gelas)
5 siung bawang putih, geprek, cincang halus
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt kaldu ayam bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt soda kue
400 ml air (2 gelas)

Bahan Sayuran:
1 batang (sekitar 100 gr) wortel, serut
2 atau 3 genggam taoge
1 batang bawang daun, aku gak pake, lagi gak punya

Cara membuat:
  • Panaskan minyak dalam wajan. Aku pakai wajan anti lengket yang lebar, aku beri minyak sampai setinggi 2 cm saja. Dengan menggoreng menggunakan wajan anti lengket membuat gorengan tidak terlalu menyerap minyak dan hemat minyak. Aku gak perlu menambah minyak hingga adonan selesai digoreng
  • Campur semua bahan adonan tepung dalam baskom sedang, aduk hingga rata, cicipi dulu rasanya. Kalau sudah pas masukkan semua sayurannya. Aduk hingga rata tapi jangan kelamaan
  • Bala-Bala bakwan renyah Kriuk tehninit
  • Goreng dalam minyak yang sedang panasnya tiap satu sendok makan sambil dilebarkan tipis karena nanti bakwannya akan menggembung. Goreng hingga bawahnya kecoklatan, balik dan goreng hingga sisi satunya juga kecoklatan.
  • Bala-Bala bakwan renyah Kriuk tehninit
  • Usahakan cukup membalik bakwan satu Kali saja agak tidak makin banyak menyerap minyak. Angkat, tiriskan, jika ada bisa ditaruh dulu dipiring/nampan beralaskan tisu agar kelebihan minyak bisa lebih terserap


0 Response to "Bala-Bala Sayur Renyah Kriuk"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)