where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Bolu Kukus Keju Jadul dan Mikser Baru


Bolu Kukus Keju Jadul TEHNINIT

Akhirnya bikin juga bolu kukus keju jadul setelah sekian lama nongkrong di waiting list experiments. Alhamdulillah tanggal 1 Maret aku akhirnya punya mikser baru, hoyeeeee... setelah mikser warisan mertua sudah tewas beberapa bulan lalu aku memang menahan-nahan diri buat beli. Pikirku aku ingin mencoba hidup mandiri tanpa mikser mendampingi, apa bisa... alhamdulillah bisa-bisa saja tuh.. masih buanyaaaakkk kue-kue yang bisa dicoba tanpa mikser. Hingga sekarang pun percobaan kue-kue tanpa mikserku belum selesai. Kue-kue yang butuh mikser tu hanya segede tahi lalat dari keseluruhan bodi dunia kuliner, wkwkwkwk.. Terus kenapa beli... yaaa karena  mumpung ada duit jadi buru-buru beli deh.. entar-entar pengen malah gak ada duitnya kan manyun, xixixi..

Tadinya sih gaya-gayaan juga beberapa bulan ini hunting mikser, dari mulai bosch hand mikser sampai hand blender. Kandidat paling kuat sebenarnya hand blender karena maksudku biar bisa serbaguna buat halusin bumbu, ngocok adonan cake, halusin sop krim langsung dipanci, ngejus juga, mudah juga nyucinya. Tapi yang ada di Muara Badak sini adanya hand blender merk philips yang harganya tuh Rp. 650.000, tidaaakkkssss.. gak ada duitnya kalo segitumah. Di olshop banyak juga ya terutama aku naksir ninja hand blender tuh, sampai nontonin video demonya di youtube berulang-ulang. Disitu dibuktikan kalau ninja hand blender bisa bikin adonan telur dan gula mengembang.
Bolu Kukus Keju Jadul tehninit
pamer mikser baru, heheh
Tapi yaitu,, masalahnya aku kurang sreg kalau harus belanja online. Kalau disuruh milih mending aku belanja ditoko offline tapi bisa pegang alatnya dan ngetes jalan apa nggak biarpun lebih mahal asal lebih mahalnya dikit daripada online walaupun lebih murah. Kalau rumahku dikota besar sih mungkin gak gitu masalah, tapi aku tinggal di kecamatan terpencil jadi agak riskan kalau barang-barang kayak mesin atau pecah belah.

Akhirnya setelah whatsapp an sama salah satu sobat yaitu Paras bundanya Gibran aku mantaps beli miyako, huehuehue.. bukan iklan bukan promo. Agak nyesek juga sih soalnya ingat waktu ke Eramart tenggarong mikser tangan miyako tanpa mangkok tuh dibawah 150 rb, sekitar tahun 2012. Lha disini 200 ribu. Aku kira ini tokonya aja yang mahal, pas ke toko lain eh harganya juga sama. Walau sedih aku terima kenyataan, daripada harus ke Tenggarong lagian harganya juga belum tentu masih segitu karena sudah 4 tahun yang lalu. Gak papa yang penting bisa dibeli kan.. wkwkwk.. 
Bolu Kukus Keju Jadul TEHNINIT
Begitu nyampe rumah langsung lihat-lihat catatan di aplikasi evernote, lihatin daftar resep yang mau dicoba, pilihan jatuh kepada bolu kukus keju jadul 2 telur ini. Tepatnya kemarin aku coba. Buat ngocok 2 telur, 5 sdm gula dan 1/2 sdt Sp dengan kecepatan paling tinggi butuh 5 menit saja sampai mengembang berjejak. Seneng bangeeett karena selama ini pakai mikser jadul tuh 10 sampai 15 menit.

Kembali ke resep, bolu keju jadul ini aku dapat dari grup langsung enak, diposting oleh bunda Kkeke Al Ragung, katanya ini resep dari mamahnya. Resepnya sudah oke, aku hanya mengurangi takaran gula yang aslinya 9 sdm jadi 5 sdm saja. Alhamdulillah pas menurutku. Betewe ini bolu kejunya gak jadul-jadul amat ya soalnya bahannya moderen semua, hahaha.. Yang pasti ini enaks banget dan rekomen deh buat dicoba. Anakku kemaren juga suka banget dan hari ini minta dibuatin lagi. Dia kecewa karena kue yang kemarin aku bikin siang malamnya sudah gak ada, soalnya sebagian besar sudah aku bagi-bagi tetangga. Salah sendiri awal-awal kue mateng tuh disuruh nyicipin katanya enak habis tuh cuek-cuek saja, kirain gak doyan, eh ternyata nyari lagi dan sudah terlambat, wkwkwkwk..
Bolu Kukus Keju Jadul TEHNINIT
siap dibagi-bagi ke tetanggaku yang kece-kece

Bolu Kukus Keju Jadul
Inspirasi dari Kkeke Al Ragung group LE

Bahan A:
Gula pasir 5 sdm munjung [80 gr] --- aslinya 9 sdm
Telur 2 butir
SP 1/2 sdt
Vanili 1/2 sdt---aku pakai 2 vanili bulat

Bahan B:
9 sdm sedang terigu [100 gr]
1/4 blok keju parut [40-50 gr]
1 sachet susu bubuk atau 3 sdm, bisa diganti dengan 3 sampai dengan 5 sdm susu kental manis putih --- aslinya 6 sdm susu bubuk
5 sdm minyak goreng --- aslinya 5 sdm margarin yang dicairkan

Topping :
1/2 sdt  margarin untuk olesan
keju parut sesuai selera

Cara Bolu Kukus Keju Jadul:
  • Panaskan kukusan terlebih dahulu
  • Siapkan loyang bulat diameter 16 cm atau sekitar itu, olesi tipis dengan minyak
  • Bahan A di mixer hingga mengembang dan kental dan berjejak, maksudnya berjejak yaitu bekas mikser tidak mudah hilang dari adonan karena saking kentalnya adonan, jika jejak mikser diadonan masih cepat hilang artinya adonan masih belum cukup kental
  • Lalu masukan bahan B secara bertahap, dimulai dari bahan kering dulu seperti tepung, susu, keju, terakhir bahan basahnya yaitu minyak dan susu kental manis kalau pakai, sambil di mixer cukup sampai rata, jangan kelamaan dimiksernya
  • Tuang adonan ke loyang
  • Kukus dengan api sedang selama 25 menit, api jangan besar supaya permukaan kue tidak pecah
  • Angkat dan diamkan terlebih dahulu hingga uap panasnya menghilang, baru keluarkan  bolu dari loyang
  • Olesi dengan 1/2 sdt margarin sampai rata kemudian taburi keju parut
  • Sajikan dan selamat mencoba

0 Response to "Bolu Kukus Keju Jadul dan Mikser Baru"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)