where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Cinnamon Roll alias Roti Gulung Kayu Manis


Cinnamon Roll alias Roti Gulung Kayu Manis tehninit
Sejak bisa bikin roti, cinnamon roll adalah salah satu target yang langsung di eksekusi. Penasaran banget kayu manis yang aku tahu hanya sebagai bumbu masakan kok dibikin kue. Terus terang aku sama sekali gak punya pengalaman makan cemilan manis yang mengandung kayu manis. Benar-benar gak bisa bayangin. Tapi luluh juga dan bertekad bikin setelah banyak membaca literatur tentang orang-orang yang dengan nikmatnya makan cinnamon roll, huehuehue..

Sebenarnya aku sudah lumayan sering loh bikin roti gulung kayu manis inih.. yah mungkin sekitar 4 kali gitu dengan resep roti manis jodohku. Tapi gak pernah di posting karena penampakannya yang morat marit, ngeheheh.. Padahal aku sudah nonton videonya bu Jenny Jones lo betapa mudahnya dia menggulung adonan kemudian memotong-motongnya dengan benang. Tapi yang terjadi denganku berbeda, gak rata dan pasti gendut ditengah, padahal adonan rotinya juga sudah kuratakan di loyang kue kering sebelum diisi dan digulung. Ya sudahlah kata Bondan Prakoso, bukan masalah hanya kurang jam terbang, hehe..

Tapi kali ini terpaksa harus diposting mau gak mau karena kalau menunggu skill menggulungku serapi hewan kaki seribu dalam menggulung tubuhnya ya kapan-kapan. Akhirnya gak kugulung langsung tapi aku bagi-bagi adonannya terus masing-masing aku gilas dengan gelas sampe tipis, beri isi dan gulung. Yah lumayan lebih rata tapi bentuknya teteuuppp.. aku bangeeettt... wekekekek

Rasanya tidak diragukan.. Enaaaak banget tuh roti berpadu dengan kayu manis dan gula palem. Aku pakai gula palemnya 7 sdm atau 100 gr dan kayu manis bubuknya 2 sdm. Banyak banget karena kayu manis yang aku beli bungkusan diwarung. Aku pernah bikin separuhnya gak kerasa, jadi sesuaikan dengan kebagusan kualitas kayu manis masing-masing ya. Kalau kayu manis bubuknya bikin sendiri dari batang kayu manis pastinya rasa dan aromanya lebih kuat jadi dikurangi saja..

Cinnamon Roll alias Roti Gulung Kayu Manis tehninit

Cinnamon Roll alias Roti Gulung Kayu Manis

Inspirasi roti selembut kapas shenny Suzanna grup LE

Bahan kering, diaduk jadi satu hingga rata:
500 gr terigu, sisihkan 5 sdm untuk menguleni
3 sdm susu bubuk
100 gr gula pasir
1/2 bungkus (5-6 gr) ragi instant
1 sdt garam

Bahan lainnya:
1 butir telur
150 ml air es
1 resep adonan tangzhong 
50 ml minyak goreng atau zaitun, aslinya pakai margarin

Bahan Isi:   
2 sdm kayu manis bubuk diaduk rata dengan 7 sdm atau 100 gr gula palem. Jumlah kayu manis bisa dikurangi jika kualitas kayu manis bubuk yang digunakan lebih baik

Bahan adoanan tangzhong:
25 gr terigu
125 ml air

Cara membuat adonan tangzhong: 
Dalam panci kecil larutkan terigu dan air hingga rata, taruh diatas api, masak hingga mendidih dan mengental sambil diaduk2. Angkat, dinginkan
adonan tangzhong
tangzhong starter

Membuat Roti:
  • Masukkan air es, minyak, telur dan adonan tangzhong ke dalam bahan kering, aduk rata dengan sendok, ket. gambar 1 dan 2
  • Siapkan tempat mengulen, siapkan juga terigu yang tadi disisihkan 5 sdm. aku pakai nampan plastik besar untuk mengulen.
  • Taburi tempat mengulen dengan terigu yang sudah disiapkan, tuang semua adonan, uleni hingga halus dan kalis selama 20 menit. Gunakan sisa terigu untuk membantu pengulenan bila lengket
  • Hingga 20 menit adonanku memang halus, kalis tapi agak lengket. Jika terjadi seperti ini, lengket sedikit selama masih bisa diulen biarkan saja. Jangan tambah terigu lagi selain diresep.
  • Setelah itu bulatkan adonan, tutup serbet, biarkan mengembang selama 1 jam
  • Roti Manis, Akhirnya Kutemukan Resep Jodohku

  • Kempeskan adonan, bagi-bagi rata atau timbang masing-masing 40 gr, gilas memanjang menggunakan gelas, taburkan rata bahan isi, aku beri isinya banyak-banyak, gulung. Jika lengket dalam membentuk, olesi tangan dan gelas dengan sedikit minyak, jangan ditaburi tepung, taruh diloyang yang dioles dengan sedikit minyak. 
  • Diamkan lagi hingga mengembang selama 1 jam

Cinnamon Roll alias Roti Gulung Kayu Manis

  • Panaskan oven tangkring dengan api besar selama 5 menit. Masukkan adonan roti ke dalam oven, panggang 15 atau 20 menit atau hingga permukaannya kecokelatan, tergantung oven masing-masing ya
Cinnamon Roll alias Roti Gulung Kayu Manis
Jika tidak punya oven roti gulung kayu manisnya bisa di kukus seperti dibawah ini.. enaaakkk banget. Hanya saja yang dikukus ini setelah digulung aku taruh diloyangnya berbaring gitu, hehe..apa sih bahasanya. pokoknya kayak digambar dibawah itu
Cinnamon Roll alias Roti Gulung kukus Kayu Manis tehninit
cinnamon roll kukus, lebih lembuut

Cinnamon Roll alias Roti Gulung Kayu Manis  tehninit


0 Response to "Cinnamon Roll alias Roti Gulung Kayu Manis"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)