where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Pukis Santan

Pukis Santan
Pukis santan ini cemilan impianku, hehe.. disini ada sih penjual pukis dipasar.. wangi banget tapi rasanya biasa aja, cenderung mirip bolu. Padahal pukis yang enak dalam bayanganku adalah pukis yang pernah dikasi tetangga 20 an tahun lebih yang lalu. Aku ingat waktu SD apa SMP gitu ibunya mbak Dian ngantarin kita pukis dan itu rasanya superrr ueenaaaak. Pukisnya gurihhh dengan wangi ran rasa santan yang kuat. Nah disunia ini aku belum nemu lagi yang seperi itu.

Seperti biasa karena males mikir aku pakai resep dasar terang bulan saja yaitu Terang Bulan lembut andalanku, resepnya KLIK DISINI. Percobaan pertama kemarin pakai santan encer. lumayan lah hasilnya, Dan agak kesel soalnya cetakan pukisnya ini item-itemnya masih nempel dikue. Padahal cetakan pukisnya baru beli tu aku cuci terus digosok pakai ampas kelapa, dari satu butir kelapa parut loh.. item-itemnya pada nempel dikelapa. Pas besoknya ku oles pakai margarin, eh ditanganku luntur lagi item-itemnya. Kayaknya dia luntur dengan minyak ya. 

Tapi percobaan kedua sudah lumayan sih berkurang jauh si item-item dicetakan pukisnya. Kayaknya satu-satunya cara untuk menghilangkan item-item di cetakan pukis dengan tuntas adalah dengan sering memakainya, hueheheh..sekarang pakai santan kental dan supaya cepat semua bahan aku campur jadi satu terus dimikser saja hingga rata. Hasilnya yahh enak bangeeett. Itu saja yang sempat aku foto. Soalnya sudah dmakanin rame-rame.

Pukis Santan Tehninit

Pukis Santan
Takaran pakai gelas uk. 200 ml/cc
Hasil; 14 buah pukis

Bahan-bahan;
1,5 gelas erigu (150 gr)
6 sdm gula pasir (75 gr)
1 telur
1/2 sdt garam
1 sdt ragi instant (1/4 bungkus)
1 gelas santan kental, usahakan santan asli (200 ml)

cara membuat Pukis Santan Tehninit
Cara membuat:
  • Campur semua bahan dalam baskom, mikser sampai tercampur rata
  • Tutup baskom pakai serbet/plastik
  • Diamkan 30 menit
  • Olesi cetakan pukis dengan mergarin atau minyak, kemudian
  • Panaskan cetakan pukis dengan api kecil
  • Tuang ke dalam cetakan, 3/4 saja, kalau penuh nanti meleber seperti fotoku diatas
  • Tutup cetakan, masak sekitar 3 menit, periksa tepinya, jika sedah kecokelatan dan permukaannya kering, angkat dan sajikan


0 Response to "Pukis Santan"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)