where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Sayur Sop Bening Yang Biasa-Biasa Saja Tapi Aku Suka

Sayur Sop Biasa simpel dan sederhana
Judulnya gitu loh.. xixixixi...Sayur sop yang biasa-biasa saja ini punya sejarah loh.. hehe.. Awalnya aku suka gak jelas kalau masak sayur sop. Sayur sop beningan biasa loh ya bukan sop ayam ataupun daging. Gak pernah nemu rasa yang pas gitu. Pas suatu ketika beli makan nasi campur di warung Tuban dekat rumahku, wahhh langsung tersepona sama sayurnya yang katanya sayur sop. Sayurnya berwarna jernih seperti gak pakai minyak, tapi pas diperhatikan betul-betul pakai kok. Terus rasanya itu otentik, penyedap rasanya hampir-hampir gak terasa saking dikitnya, gak pakai merica, rasa yang dominan adalah manis asin. Jadi rasanya ringan, seger gitu. Enak juga buat digadoin.

Aku langsung suka. Soalnya ini juga mengingatkan aku sama rasa sayur bening yang dibikin acilku alias bibiku di Banjarbaru. Rasanya sama persis, dominan manis sih dengan penyedap yang dikit banget. Tapi aku gak pernah berhasil bikin sayur bening acilku yang bahannya campur-campur itu, masalahnya apalagi kalau bukan cara memasak yang gak pakai takaran, hanya menyebut bahan. Padahal kan kalau urusan masak-memasak sayuran aduuuuhh paling payah dah aku.

Kemarin aku niatkan banget bikin, beli satu paket sayur sop di warung. Wortelnya juga aku potong dadu supaya anakku Sulthan yang baru belajar makan sayur bisa gampang makannya. Gak nyangka sayur seiprit gitu kok jadinya setengah wajan, waduh banyak bingiitttss.. Alhamdulillah berhasil rasanya mirip banget. Seneng banget aku bisa bikin sayur selain oseng-oseng, hohoho.. Selanjutnya tinggal bikin sayur bening campur-campur a la acilku.

Sayur Sop Biasa simpel dan sederhana

Sayur Sop Bening Biasa
 Inspirasi dari Warung Tuban dekat rumah

Bahan-bahan:
2 buah kentang, sekitar 100 gr setelah dikupas, potong dadu
1 buah wortel, sekitar 100 gr,potong dadu
5 batang buncis, potong 1 cm
5 lembar kol, iris kasar
1 batang bawang daun, iris tipis
1 tangkai seledri, potong-potong sesuai selera, aku hanya dipetiki saja perdaun

700 ml air
1,5 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt penyedap rasa
3 siung besar bawang putih, geprek, cincang halus

Cara Membuat:
  • Panaskan wajan. Beri 1 sdm minyak goreng,tumis bawang putih hingga wangi dan kekuningan, tambahkan air, kentang dan wortel, didihkan, tutup wajan, kecilkan api dan masak hingga setengah matang sekitar 10 menit
  •  Kemudian masukkan buncis, kol, bawang daun dan seledri, gula, garam dan penyedap, tutup lagi dan masak sekitar 10-15 menit  lagi hingga semua bahan matang, cicipi rasanya, angkat dan sajikan

0 Response to "Sayur Sop Bening Yang Biasa-Biasa Saja Tapi Aku Suka"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)