where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Sponge Cake Dasar 2 Telur Dengan Krim Kopi

Sponge Cake Dasar 2 Telur Dengan  Krim Kopi tehninit
Berawal dari bolu kukus jadul, resepnya KLIK DISINI, anakku minta dibikinkan lagi dan akhirnya aku bikinkan menjadi bolu kukus jadul versi 2, resepnya KLIK DISINI, hehe... Besoknya lagi aku kepikiran bisa gak ya bolu keju itu aku oven, apakah tetap lembut, tapi waktu itu aku tambah telornya jadi 3 jadinya resep bolu keju lembut, karena aku pikir itu kan dioven jadi harus ditambah kelembabannya, selain itu aku juga pengen cobain bikin tanpa tambahan SP, hasilnya oke tapi masih kurang puas. Akhirnya kemarin bikin lagi kembali ke 2 telur hasilnyaaaaa.... waaaaa mantaaaapppp, porinya haluuusss kayak yang pakai SP, ini karena penambahan maizena didalamnya. 
Sponge Cake Dasar 2 Telur Dengan  Krim Kopi tehninit

Supaya gak ketahuan kalau itu kue yang sama jenisnya dengan yang kemarin-kemarin maka yang sekarang aku kasih topping krim kopi, dibelah 2 gitu biar kelihatan agak wah..hehe.. Kuputuskan ini menjadi sponge cake dasar andalanku. Karena ukuran, rasa dan tekstur yang pas. Terus terang sekian lama coba-coba bikin kue malah baru kali ini bikin sponge cake. Dulu gak tertarik n kurang suka karena teksturnya yang plain dan seret. Selain itu kayaknya juga bosan karena dari kecil sampai dewasa kalau lebaran dirumah ortu selalu bikin sponge cake pakai baking pan itu buanyaaaakkk banget. 
Sponge Cake Dasar 2 Telur Dengan  Krim Kopi tehninit



Alhamdulillah semua suka banget kuenya. Berikut ini resepnya..

Tart Krim Kopi
Bahan A:
Gula pasir 5 sdm munjung [80 gr]
Telur 2 butir
1/2 sdt garam

Bahan B:
9 sdm sedang terigu [100 gr]
1 sdm maizena

Bahan C:
50 ml susu kental manis putih [6 sdm]
50 ml minyak goreng atau minyak lainnya [6 sdm]

Cara Membuat Tart Krim Kopi:

  • Panaskan oven
  • Siapkan loyang bulat diameter 16 cm atau sekitar itu, olesi tipis dengan minyak
  • Bahan A di mixer hingga mengembang dan kental dan berjejak, maksudnya berjejak yaitu bekas mikser tidak mudah hilang dari adonan karena saking kentalnya adonan, jika jejak mikser diadonan masih cepat hilang artinya adonan masih belum cukup kental
mengocok adonan hingga kental berjejak
  •  Turunkan kecepatan mikser ke level paling rendah, masukkan bahan B tiap 1 sdm dengan cara ditaburkan, berselang seling dengan bahan C sedikit demi sedikit. Hingga semua habis tercampur rata, matikan mikser. Tujuannya ditaburkan sedikit-demi sedikit berselang seling dengan bahan basah agar adonan tidak mudah turun/ambles karena adonan ini tidak menggunakan penstabil/ SP
  • Tuang adonan dalam loyang, oven sekitar 30 menit dengan api sedang, tes tusuk dengan lidi, segera keluarkan jika lidinya sudah bersih tidak ada adonan yang basah. Jangan kelamaan mengoven yang menyebabkan cake menjadi tidak lembut lagi
  • Setelah matang, dinginkan sebentar, keluarkan dari loyang, kemudian belah 2
Sponge Cake Dasar 2 Telur Dengan  Krim Kopi tehninit

 Sambil menunggu cakenya dingin sempurna kita buat krim kopinya yang mudah banget.

Bahan Topping krim kopi:
1/4 bungkus [50 gr] margarin
1 bungkus kopimix, aku pakai indocafe kopimix
4 sdm susu kental manis putih

Cara Membuat:
Campur semua bahan krim kopi, kocok menggunakan mikser dengan kecepatan tinggi selama 5 atau 10 menit sampai bahan yang tadinya sedikit sekali hanya menempel diwadah menjadi lebih banyak/mengembang. Hasil krim nya mengalir kental ya.. tidak solid seperti butter krim. Jika ingin solid seperti butter krim ganti saja susu kental manisnya dengan gula bubuk kira-kira 50 gr. 

Penyelesaian:
  • Olesi salah satu permukaan kue yang sudah dibelah dengan krim secukupnya, tutup dengan kue yang lain, olesi seluruh permukaan kue dengan krim kopi, taburi keju parut sedikit sebagai pemanis. 
  • Lebih baik jika kue ditaruh dikulkas hingga krimnyatetap dan makin solid
  • Kemarin sore kuenya aku taruh kulkas dan pagi ini tetap moist loh.. yang penting taruh kuenya dalam keadaan tertutup

Sponge Cake Dasar 2 Telur Dengan  Krim Kopi tehninit

0 Response to "Sponge Cake Dasar 2 Telur Dengan Krim Kopi"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)