where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Gulai Pedas Daun Singkong

gulai daun singkong enak banget
Daun singkong bagi aku kalau gak direbus cocol sambel paling ribet ya aku masak santan kayak resep yang dulu pernah ku posting DISINI. Tapi suatu waktu aku tergelitik juga pengen nyoba memasak yang lebih menantang dengan bumbu yang agak banyak, gak cuma duo bawang dan cabe, hehehe..
cara membuat gulai daun singkong enak banget
semua bumbu di haluskan pakai chopper saja biar cepat tapi tetap enak
Akhirnya aku browsing dan wowww banyak banget versinya.. yaitu versi masing-masing, wkwkwk. Aku sendiri berpendapat yang namanya gulai itu bumbunya haruslah lebih komplit daripada lodeh. Setelah mengintip (?) menimbang dan akhirnya memutuskan aku akan pakai semua bumbu yang ada dalam satu bungkus paket empon-empon saja biar praktis,kecuali kencur, kayaknya kok gak nyambung sama gulai.
cara membuat gulai daun singkong enak banget
Hasilyaaaa... taraaaaa... sesuai harapan..enaaakk banget dan kaya akan rasa dan rempah.. Bikinnya juga gampang karena aku gak ngulek, pakai chopper saja, hehe.. ini resepnya gulai singkong ala tehninit.
resep membuat gulai daun singkong enak banget



Gulai Pedas Daun Singkong
Ala Tehninit

Bahan-bahan:
250 gr daun singkong, rebus dengan 1/2 sdt soda kue sekitar 15 menit setelah air mendidih, cek keempukannya, angkat, tiriskan, iris-iris kasar
500 ml air
500 ml santan sedang/encer
2 sdm gula merah sisir
1 sdt kaldu ayam bubuk
1/2 sdm garam, bisa ditambah jika kurang
1 ruas jempol lengkuas, belah, geprek
1 tangkai serai, geprek
1 lembar daun Salam
3 lembar daun jeruk, sobek-sobek tidak putus

Bumbu halus (aku pakai chopper):
5 siung bawang putih
7 siung bawang merah
10 buah cabe keriting
5 cm kunyit
1 ruas jempol jahe
1 sdt ketumbar bubuk
3 sdm udang rebon kering, bisa diganti 1/2 blok terasi instan atau lebih

Cara Membuat: 
  • Panaskan 3 sdm minyak goreng, tumiis bumbu halus, lengkuas, serai, daun salam dan daun jeruk hingga wangi dan matang, cirinya bumbu berwarna lebih gelap
  • Masukkan air, daun singkong, garam, gula merah dan kaldu bubuk, didihkan, kecilkan api dan masak kurang lebih 5 menit
  • Kemudian masukkan santan dan masak lagi hingga mendidih, cicipi rasanya, jika sudah pas matikan api dan sajikan dengan nasi ataupun lontong, bahkan ini ku gadoin aja lo saking enaknya

0 Response to "Gulai Pedas Daun Singkong"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)