where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Kue Kering Kacang Nan Legendaris, Yang Ini Baru Pas

resep kue kacang legendaris
Kue kering kacang tanah adalah salah satu jajanan favoritku dari kecil. Aku ingat waktu pertama kali makan kue ini waktu SD sekitar kelas 3 atau 4 di warungnya mbak Ajeng. Kuenya bersusun dalam toples. Waktu aku makan aku bilang aku kuat makan kue ini walaupun 10 biji saking enaknya.

Ternyata makin besar aku gak mau lagi makan, kayaknya eneg. Baru-baru ini aja setelah menikah dan punya anak aku mau makan kue ini lagi dan tertarik bikin. Itupun karena ternyata anak Sulungku, Sulthan Al Fatih doyan banget sama kue-kue yang berbau kacang. Entah biskuit isi selai kacang, kue kacang yang legendaris ini, selai kacang maupun sambel kacang.

Waktu aku masih gadis kalau lebaran mamaku suka pesan kue kacang ini sama tetangga. Tapi unik belinya gak pakai uang tapi kayak barter. Jadi kita kasih bahan kacang kacang, gula, tepung dan minyak terus kasihkan ke orangnya, nanti dibikinkan. Aku kurang tahu ditambah uang atau gak sebagai upahnya. Kayaknya dikasih ya..masa enggak, tega betul 😁.
kue kacang tanah otentik

Dulu aku sering bikin kue kering kacang tapi versi gluten free yaitu pakai oatmeal dan tepung beras. Resepnya belum ku taroh di blog. Nah, bulan ramadan ini aku kepikiran pingin bikin kue kacang klasik dan otentik gitu 😀. Dari dulu aku tahu dari tabloid saji kalau bahan kue kering kacang tanah tuh cuma kacang, gula, garam, tepung sama minyak. Sebagai referensi aku juga baca-baca resep orang.

Kesimpulannya ada yang pakai kacang tanahnya 1:1 dengan tepung ada juga yang 1:2. Akhirnya aku coba yang 1:1, hasilnya kue kacang enak banget tapi terlalu ngeprul, bentuk kurang rapi dan banyak remahnya. Walaupun Sulthan gak peduli sih dihabisin aja tu kuenga, haha.. Kemarin aku coba bikin lagi versi 1:2 dan ternyataaa wowww... Ini sempurna buatku. Rasanya tetap ngacang, ngeprul tapi bentuk lebih kokoh dan warna lebih syantiiik. Ini akan jadi resep dasar kue kacang kalau aku mau bikin lagi. Ini ya temans.. Resep kue kering kacang tanah ala aku. Pas banget nih buat lebaran yang tinggal 4 hari lagi.
kue kacang lebaran

Kue Kacang Tanah Nan Legendaris
Resep hasil eksperimen sendiri
Hasil 480 gr

Bahan-bahan:
100 gr kacang tanah kupas, disangrai, biarkan hangat/dingin, kemudian blender kering hingga bubuk (aku pakai chopper)
200 gr terigu
100 gr gula bubuk
1/2 sdt garam
1 vanili bulat
2 sdm margarin(optional)
100 ml minyak goreng, bisa ditambah jika adonan masih ambyar/buyar

Bahan olesan:
1 kuning telur+ 1 sdt minyak goreng, aduk rata

Cara Membuat:
  • Campur tepung, gula bubuk dan garam, aduk rata, masukkan kacang bubuk, aduk rata
  • Masukkan margarin aduk rata dengan tangan, kemudian masukkan minyak sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dipulung. Jika masih terasa ambyar dan sulit di kepal tambahkan lagi minyaknya per 1 sdm hingga adonan menyatu ketika dikepal dan mudah digilas
  • Panaskn oven dengan api sedang
  • Gilas adonan diantara 2 plastik putih dengan tebal sekitar 1 cm
  • Oles dengan bahan olesan
  • Oven dengan api sedang cenderung kecil selama sekitar 30- 45 menit (aku 45 menit pakai otang hock)
  • Kue matang jika terlihat olesannya berwarna lebih tua san bawahnya berwarna cokelat muda








0 Response to "Kue Kering Kacang Nan Legendaris, Yang Ini Baru Pas"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)