where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Bakmie Kuah Terasi

bakmie kuah terasi
Ramen ala Jawa nih alias bakmie kuah terasi, xixixi.. biasa deh awalnya karena ngiler lihat makanan orang. Ada teman yaitu Imah sang pe-henna (gak etis kalau sebut tukang henna, wekekekek) yang pajang DP mie kuah di BBM, aku ya sudah pasti langsung tanya dong itu apaan (padahal jelas-jelas itu mie kuah) kata temanku itu ramen, terus dia tag di fb resepnya. Setelah kubaca langsung aku cuss ke dapur dan entah kenapa kok jadi ku pakein terasi (mulut ternganga lidah terjulur mata merem). 

Aku sebenarnya juga tidak mengerti mengapa tangan ini seolah-olah ingin melakukan sendiri takdirnya (weleh), daaannn yeayyy...hmmm aku sukaaa.. memang sesuatu dengan terasi didalamnya tak pernah mengecewakan, kecuali kaos kaki lama gak dicuci bau terasi itu sunggu amatlah berbeda yah.. jangan sekali-sekali gantikan terasi diresep ini dengan kaos kaki, pokoknya jangan okeeehh...
cara membuat ramen ala jawa

Bakmie Kuah Terasi
www.tehninit.com
Untuk satu porsi jumbo

Bahan-bahan:
1 keping mie burung Dara keriting (70 gr) bisa pakai merk lain
1 genggap rajangan kol
1 genggam rajangan sawi hijau
Timun sesuai selera
1 butir telor untuk mata sapi rebus, telor rebus biasa juga gak papa
1 sdm penuh saos Sambal
2 sdm sedang kecap manis (aku pake bango)
1/2 sdt kaldu ayam bubuk
1/4 sdt garam (sesuai selera)
1/2 buah jeruk nipis atau sesuai selera asam
300 ml air

Bumbu-bumbu:
2 siung besar bawang putih + 2 butir besar bawang merah, geprek, cincang halus
1/2 sdt ketumbar bubuk
1/2 blok terasi instan (aku pake merk ABC)
Cabe iris sebanyaknya selera pedas

Cara Membuat:
  • Rebus mie kering dalam air secukupnya hingga setengah matang, angkat, tiriskan
  • Didihkan air baru, pecahkan telur, masak hingga matang
  • /setengah matang, tiriskan
  • Panaskan wajan, beri 1 sdm penuh minyak goreng, masukkan semua bumbu-bumbu, tumis sambil hancur-hamcurkan terasinya hingga semua bumbu harum dan matang
cara membuat ramen ala jawa
  • Beri 300 ml air, didihkan, pada tahap ini jika suka bisa dimasukkan 1 butir telur mentah kemudian aduk rata hingga berserabut, aku tidak pakai
  • Masukkan semua sayuran, kaldu ayam bubuk, garam, saos sambal dan kecap manis dan mie yang sudah ditiriskan
  • Masak hingga mendidih, kecilkan api, masak lagi sekitar 3 menit hingga bumbu meresap, koreksi rasanya, jika sudah pas matikan api, kucuri jeruk nipis, aduk rata
  • Tuang dalam piring saji, sajikan bersama telur matasapi rebus/telur rebus, irisan ketimun dan kerupuk/rempeyek kacang

0 Response to "Bakmie Kuah Terasi "

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)