where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Kuker Cokelat Chips (chocolate chips cookies)

Chocochips cookies

Beberapa hari lalu beli butter 2 bungkus. Sebungkusnya 12 rb isi 100 gr. Gak ada ide mau diapain. Kemarin pas liat-liat wall fb lihat posingan mbak Susy Burdeynaya temtang chocochips cookies. Langsung minta resep dan hari ini dibikin. Aku bikin 1/2 resep dengan sedikit penyesuaian takaran biar jumlahnya bulat-bulat he he.. Aku bulet-buletin 2 kali gede kelereng menghasilkan 51 buah cookies. Gak nyangka anak-anak dan suami doyan. Aku termasuk yang amat sangat jarang baking pakai butter karena selain jarang ada disini juga muahaaall...bagi dompetkuh, hikzz.. Oke ini resep ala aku, resep asli aku sertakan dibawahnya.
Chocolate chips cookies

Bahan-bahan dan cara membuat kukis cokelat chips:
  • 200 gr terigu diayak bersama 2 sdm cokelat bubuk (15gr) Dan 1 set rata baking powder
  • Dalam baskom adonan campurkan 100 gr butter+50 gr margarin+1/2 sdt garam+100 gr gula pasir dan 1/2 sdt vanili bubuk
  • Mikser semua bahan tersebut hingga pucat kemudian masukkan 1 butir telur, kocok kembali hingga rata
  • Masukkan semua ayakan terigu, coklat bubuk dan baking powder, aduk hingga hampir rata
  • Masukkan 100 gr chocochips (aku pakai merk colatta) aduk hingga rata, jangan terlalu lama diaduk
  • Panaskan oven api besar (aku pakai otang)
  • Siapkan Loyang kuker, bulat-bulatkan adonan, taruh diloyang, kemudian pipihkan
  • Oven hingga matang selama 15 menit (api aku kecilkan sedikit) atau bisa di sesuaikan oven masing masing. Jika matang tandanya akan tercium aroma wangiiii
  • Setelah matang keluarkan dari oven diamkan sekitar 15 menit jangan disentuh karena cookies yang baru matang  teksturenya lembek tapi akan mengeras setelah dingin sekitar 15 menit
  • Jika sudah benar-benar dingin bisa dipindah ke toples Dan ditutup dapat


Catatan:
Resep asli pakai butter semua tapi aku campur karena sayang butterku sisa 100 gr buat bikin cookies berikutnya, huehue

Resep asli chocochips by Susy Burdeynaya

Choco chip cookies by susy Burdeynaya

≫Bahan≪
-380 grm tepung
-250 grm butter
-200 grm gula pasir
-2 butir telur
-1 bungkus kecil vanili bubuk
-¹₂ sdt garam
-1 sdt baking powder
-100 grm chocochip

≫Cara≪

-Mixer butter dan gula sampe lembut dan berubah menjadi lebih pucat,lalu masukan telur satu persatu ,vanili dan sambil terus di mixer,

-Campur tepung dan baking powder dan ayak lalu masukan ke adonan butter sedikit demi sedikit sambil di mixer sampai semua tercampur rata matikan mixer,tambahkan choco chip aduk dengan sendok atau spatula sampai merata 

-panaskan oven,kemudian ambil adonan sejumput dan bikin bulatan kemudian pipihkan dan taruh di loyang yg sudah di alasi kertas silpat dan oven selama 15 menit dengan suhu oven 180°, atau bisa di sesuaikan oven masing masing, cookies teksturenya lembek tapi klo sudah dingin bakal mengeras

3 Responses to "Kuker Cokelat Chips (chocolate chips cookies)"

  1. Saya juga belum pernah bikin kuker pakai butter, teh. Seringnya pakai Blue Band atau Simas kiloan yang murah meriah, heheheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak berat banget rasanya hati pake butter nih wkwkwk..tp emg beda berasa kaya rasanya. renyahnya juga lembut

      Delete
  2. Dari segi rasa emang beda, teh. Yang butter lebih enak dan wangi, tapi ya itu, berat diongkos, heheheh.

    ReplyDelete

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)