where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Pai Apel Lebih Simpel dan Sehat

Pai Apel Lebih Simpel dan Sehat
Alhamdulillah apple pie yang gampang niih. Akhirnyaaaa bisa bikin cemilan yang rada eliteh dan beraroma bule, wkwkwk... tapi teteuuppp dijamin teteup low budget dengan rasa yang sama sajah. Apalagi apelnya dapet dari oleh-oleh bapak kemarin waaaa,, makin enak deh (??), Sebenarnya paling males sama baking kue-kue berkulit begini, kebayang kan giling-gilingnya dan sebelum itu bikin kulit pai-nya yang katanya pake butter lah, air es lah, pakai 2 pisau lah, hedeehh puyeeeng..

Akhirnyaaa.. setahunan lalu nemu resep pai apel ini di youtube. Resepnya oma Jenny Jones ini  aku banget deh.. anti ribet dengan bahan-bahan yang mudah dijangkau. No butter, no margarin. lebih sehat karena pakai minyak dan diaduk biasa aja. Rekomen pakai minyak sehat ya kayak zaitun atau canola, aku sih pakai minyak goreng biasa secara adanya cuma itu. Tapi dulu belum tertarik eksekusi karena ehm.. maleeesss.. xixixi.. Sekarang gak boleh males lagi, aku lagi berusaha keluar dari zona nyaman nih. Kaget juga melihat diri sendiri yang sudah 10 tahunan rajin baking tapi yang dibikin masih bolu-bolu sama donat, harus meningkat dong yaa.. resep aslinya aku ambil dari SINI ya saranku kalau kalian main ke situ sekalian tonton videonya, bagus banget..
Pai Apel Lebih Simpel dan Sehat

Pai Apel Lebih Simpel dan Sehat
Resep by "Homemade Apple Pie" Jenny Jones dengan penyesuaian jumlah dariku

Bahan kulit:
Aduk rata 250 gr terigu+3 sdm gula bubuk+½ sdt garam kemudian tuangkan 100 ml minyak dan 100 ml susu cair tawar. Aduk rata dengan garpu, kemudian gumpal-gumpalkan hingga menyatu, jangan diuleni. Bagi 2 adonan, yang satu lebih besar dari yang lain (misal 2/3 : 1/3). Note : aku pakai minyak goreng biasa, rekomen pakai zaitun atau canola

Siapkan loyang bervolume antara 700-1000 ml, aku pakai loyang beling volume 700 ml. Ambil adonan kulit yang lebih besar, taruh di tengah-tengah dasar loyang, kemudian rata-ratakan dengan tangan hingga adonan menutupi dasar hingga dinding loyang, pastikan sama tebalnya. Jika ingin lebih rata, adonan bisa digiling dulu dengan botol atau rolling pin menyesuaikan lebar dasar dan dinding loyang. Setelah selesai, sisihkan dahulu.

Bahan isi:
Untuk loyangku bervolume 700 ml aku pakai takaran isi:
4 buah apel yang rasanya agak asem dan renyah, aku pakai apel fuji yang gak asem, kupas, belah 4 atau 8 kemudian potong-potong ½-1 cm
½ sdt kayu manis bubuk
1 sdm gula palem, bisa pakai gula putih
1 sdm munjung terigu
2 sdm air jeruk nipis, rekomendasi jika pakai apel yang kurang asem, supaya rasanya manis asem segar

Cara Membuat:
  • Pannaskan oven api sedang, aku pakai oven tangkring
  • Campur semua bahan isi hingga potongan apel terbalut rata, kemudian masukkan kedalam loyang yang sudah dilapisi kulit pie, ratakan
  • Ambil sisa adonan kulit, giling sesuai lebar permukaan loyang, rapikan, tekan-tekan tepinya dengan garpu, olesi permukaan pai dengan susu cair atau kuning telur, taburi gula pasir
  • Oven dengan api sedang sekama 1 jam atau hingga permukaan kuning keemasan
  • Keluarkan dari oven, diamkan minimal 3 jam atau hingga dingin total sebelum dipotong (ini nih yang bikin males, lama banggeet baru bisa dimakan, belom lagi difotonya, wkwkwk)
  • Tips: baiknya isian pai munjung karena ketika matang dia akan sedikit menyusut, seperti punyaku ini apelnya kurang, harusnya 5 atau 6 jadi ketika matang dia akan memadat dan rata

3 Responses to "Pai Apel Lebih Simpel dan Sehat"

  1. Lain fotonya ia teh? Lebih bening.... Hihi hi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini lain kamera hapenya mbak..biasa kan pake hp sendiri..yg ini minjem suami yg bagusan dkit kamera fotox😁

      Delete
    2. Ini lain kamera hapenya mbak..biasa kan pake hp sendiri..yg ini minjem suami yg bagusan dkit kamera fotox😁

      Delete

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)