where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Semur Jengkol dan Horeeee Bapakku Datang Lagi ke Badak

Semur jengkol
kemarin malam kami sekeluarga menjemput bapak dari bandara. Sampai rumah jam 7.30 malam. capeeeekk secara dari rumah jam 9.30 pagi nyampe bandara jam 2 siang terus balik lagi ke rumah malam hwaaa... Alhamdulillah dapat banyaaakk oleh-oleh. Diantaranya pesananku cumi asin dan ikan asin telang. sama mama juga dibawakan jengkol yang sudah dipresto dan ikan nila dan gurame goreng. ada juga gula merah, cemilan-cemilan dari tasik yang bapak bawa waktu mudik lebaran kemarin, mangga madu hasil panen dan apel fuji (kalau ini beli). Jajanan anak-anak juga banyak. Wah deh pokoknya. Ada juga kejutan kata bapak sih hadiah ultah. Rupanya bapak dikasih tahu adikku kalau hapeku sebelumnya terbakar jadi bapak belikan yang mirip seperti itu yaitu Lenovo vibe C. Alhamdulillah bangeeett rezeki tak disangka.

Hari ini tadi ikan gorengnya aku masak a la pindang tapi gak ada fotonya dan agak siang aku masak jengkolnya. Disemur biasa pakai kecap. sebelumnya aku juga pernah tampilkan disini beberapa menu jengkol. Resepnya aku pakai takaran cemplang cemplung ya karena mau cepat-cepat. Hari ini sukses deh ngemilin semur jengkol. Malamnya baru terasa ini perut bergolak dan membuat polusi, xixixi. Bahkan baru digoreng aja sudah aku cemilin, karena pada dasarnya jengkolnya sudah empuk dan asin karena sudah dipresto mamaku pakai garam.
Semur jengkol teninit
Resep semur atau empal jengkol ala keluargaku yang tanpa kecap KLIK DISINI
Resep semur jengkol kering pedas KLIK DISINI

Semur Jengkol
resep hasil mengarang sendiri

Bahan-bahan:
sepiring jengkol yang sudah direbus empuk, kemudian digoreng. Aku digoreng dengan sedikit minyak diwajan anti lengket (ditumis sambil diaduk-aduk hingga agak kering merata). Bisa juga tanpa digoreng yaitu jengkol yang telah direbus dipukul-pukul pakai ulekan hingga melebar
1 gelas air (300 ml)
Bumbu-bumbu:
3 siung besar bawang putih, geprek cincang halus
3 butir bawang merah, iris-iris
3 buah cabe merah/keriting, iris tipis
1/2 sdt kunyit bubuk
1 sdt rata ketumbar bubuk
3 sdm kecap manis
1/2 sdm gula merah sisir
3 sdm santan instan
garam dan penyedap sesuai selera
(Bisa ditambah lengkuas geprek, daun salam dan merica bubuk jika suka)

Cara Membuat:
  • Panaskan 2 sdm minyak, masukkan duo bawang, cabe iris, ketumbar dan kunyit bubuk, tumis hingga harum dan agak kering
  • Masukkan kecap manis, biarkan mendidih, tuangkan air, beri gula merah, garam dan menyedap
  • Masukkan jengkolnya, tutup dan biarkan mendidih, masukkan santan instan, aduk dan masak lagi dengan api agak kecil sekitar 5 menit hingga bumbu meresap. Koreksi rasanya jika sudah oke matikan api
  • Lebih sedap jika disantap minimal 1 jam kemudian karena bumbu lebih meresap

0 Response to "Semur Jengkol dan Horeeee Bapakku Datang Lagi ke Badak"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)