where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Semur Tahu, Telor dan Sosis

Semur Tahu, Telor dan Sosis
Tadi pagi masak ini aja buat makan siang,  dah ini doang tanpa sayur lagi. Aku lagi bosen makan sayur akhir-akhir ini. Memang ya yang nama nya kebiasaan dari bayi jarang makan sayur sampai tua pun ya sulit doyan. Aku makan sayur karena kesadaran aja kalau itu penting bukan karena doyan 😸. Makanan kesukaanku ya model-model begini nih tumis-tumis pake kuah atau sesuatu yang berkecap. Seingatku waktu kecil makananku tuh nasi dikasih kecap melingkar-lingkar diatasnya, gak pake lauk, mungkin waktu itu aku belum doyan lauk.

Pas tadi lagi bongkar-bongkar kulkas aku nemu tahu goreng sebungkus yang aku beli beberapa hari lalu di mobil sayur, di chiller ada sosis. Biar makin seru waktu mendidih ku ceplokin telor mentah dikuahnya jadi terasa beda deh daripada kalau cuma pakai telur rebus. Rasanya sedeepp sayang aja gak pedes soalnya di makan sama anakku juga.
Semur Tahu, Telor dan Sosis
Semur Tahu, Telor dan Sosis

Bahan-bahan:
5 buah tahu goreng, belah 4
5 buah sosis ayam, potong 2 bagian
2 butir telur ayam
300 ml air
3 sdm kecap manis
1/2 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt garam
1/4 sdt America bubuk
1 buah tomat ukuran sedang potong-potong
2 siung besar bawang putih, geprek, cincang halus
3 buah butir bawang merah, iris tipis
1/2 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt kunyit bubuk

Cara Membuat:
  • Panaskan 1 sdm minyak tumis kedua jenis bawang, ketumbar dan kunyit bubuk hingga wangi, masukkan kecap manis, biarkan hingga mendidih, masukkan air, tahu goreng, sosis, tomat, merica bubuk, kaldu bubuk dan garam, tutup dan didihkan
  • Setelah mendidih masukkan telor mentah satu persatu, tutup wajan, biarkan mendidih dengan api sedang hingga telur matang, cicipi rasanya, jika sudah pas angkat
Tips:
  • Akan lebih sedap jika dalam tumisan bumbunya ditambahkan cabe iris maupun halus
  • Telor mentah bisa diganti telor rebus, matasapi maupun dadar
  • Dalam kuah bisa ditambah 1 atau 2 sdm santan instan, atau bisa juga airnya diganti santan
  • Lebih enak jika disantap beberapa jam setelah nya jadi bumbu lebih meresap

0 Response to "Semur Tahu, Telor dan Sosis"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)