where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Udang Masak Nanas Asam Pedas

Udang asam pedas

Hari sabtu kemarin kita ada acara arisan reuni teman-teman SMA nya abi dirumah. Dari jauh-jauh hari aku memang merencanakan menu seafood biar beda dan masaknya juga lebih simpel menurutku. Tapi eh tapi yang namanya semua dikerjakan sendiri tetap aja superrrr rempong dan capeeekkk banget karena masakan dibikin dalam jumlah banyak.

Mulai dari kupasin bawang-bawang, bikin bumbu ikan bakar, bersihin udang, kepiting dan ikan masing-masing sekitar 3 kilogram 😭, ngupas dan motongin sayuran buat capcay, bikin sambel, bikin brownies (lumpianya pesen aja sama tetangga) masak-masaknya dan tentunya yang paling berkesan adalah cuci-cuci perabotannya dan rumah yang udah beraroma pelabuhan ikan, hwaaaa...

Alhamdulillah acara selesai semua syuka sama masakanku..cie cieee.. mereka tersepona sama kepiting asam manis pedasnya yang berrrasa banget bumbunya dan ada nanasnya. Kalau udang besarnya aku goreng tepung aja. Kalau ikan kakap aku bikin ikan bakar dan capcaynya pakai sosis dan bakso ayam yang melimpah.

saking cuapeknya sampai gak sempat foto-foto hasil masakannya. Aku sempat foto dalam wadah saji aja, hihi.. yang didalam baskom enamel blirik itu kepitingnya. Untung baskom jumbonya beli 2 jadi yang satunya bisa buat tutup. Aku juga beli wajan jumbooo demi bisa masak-masak semuanya dengan tenang, walopun setelahnya bingung ni wajan sama baskom raksasa mau ditaro dimana secara dapurku kecil. Hwaaaaa... Alhamdulillah selesai acara ada ibu-ibu baik hati yang diam-diam cucikan piringnya.. hwaaa aku terharu. It means a lotttt to me. Makasih yaaa jeung Mufie and jeung Imelda, berkat kalian aku bisa langsung tidurrr setelah semua tamu pulang karena super lelah kerja dari hari sebelumnya dan hari itu bangun jam 3.30 subuh.
udang masak nanas asam pedas

Walaupun cuapeekk tapi aku senang juga karena ini jadi pelajaran berharga buatku. Terus terang ini acara pertama yang ada dirumahku sejak kita menikah 8 tahun lalu, xixixi jadi benar-benar pengalaman pertama karena setiap ada selamatan seperti aqiqah atau syukuran kita milih cara praktis dengan bagi-bagi nasi kotak ataupun acara di pondok pesatren dekat rumah. Alasannya ya takut repot tadi secara kita disini gak ada siapa-siapa.

Karena teman-teman abi pada banyak yang nanyain resep kepitingnya termasuk bapak-bapaknya dan pas juga masih ada sisa udang dikulkas (sengaja kusisain, xixi), bumbu juga masih komplit maka resepnya aku taruh disini biar kalau ada yang tanya lagi suruh cuss buka web. Aslinya kemarin ini aku bikin buat masak kepiting tapi sekarang aku pakai udang, pakai cumi, nugget, sosis, baso atau ikan/ayam goreng tepung juga cocok.
udang masak nanas asam pedas


Udang Nanas Asam Pedas

Bahan-bahan:
250-300 gr udang besar, kupas, bersihkan kotorannya
1/2 buah wortel, potong bentuk korek api
beberpa potong nanas, iris kecil-kecil (aku pakai yang ada dikulkas sisa sekitar 9 iris ukuran sekali suap)
1 gelas (200 ml) air
1 sdm saos tiram
2 sdm saos sambal (bisa diganti saos tomat, sambal ala bangkok atau apa saja sejenis itu)
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk

Bumbu - bumbu:
1 siung bawang putih besar, geprek, cincang halus
1/2 bawang bombay, iris tipis
1 batang bawang daun, iris tipis, pisahkan bagian daun hijaunya
1 biji (sesuai selera) cabe merah keriting, iris tipis
1 ruas jahe, geprek
1 ruas lengkuas, geprek
1 batang serai, geprek
3 daun jeruk, sobek-sobek tidak putus
1 daun salam

Cara Membuat:
  • Masukkan semua bumbu-bumbu dalam wajan kecuali bagian hijau bawang daun, beri 2-3 sdm minyak, tumis hingga wangi dan bawang bombay layu,
  • Masukkan saos tiram dan saos sambal, aduk rata, masukkan nanas dan wortel, aduk rata, tuang air, beri garam dan merica, didihkan, tutup wajan dan 
  • Masak selama 5 menit
  • Masukkan udang, tutup lagi wajan dan masak selama 5 menit, masukkan bagian hijau bawang daun, aduk rata, cicpi rasanya, jika kurang asam bisa ditambahkan air jeruk nipis, matikan api, siap disajikan

0 Response to "Udang Masak Nanas Asam Pedas"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)