where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Bolu Pisang Tepung Beras Tanpa Mikser


Bolu Pisang Tepung Beras Tanpa Mikser
Kembali semangat bikin-bikin kue non terigu, khususnya cake. Ada tantangan tersendiri ketika bereksperimen dengan resep cake biasa menjadi cake tanpa terigu karena harus merubah komposisi bahan supaya menghasilkan tekstur yang tepat.

Sebenarnya sudah punya resep bolu pisang panggang tepung beras tanpa mikser Klik Disini  tapi yang bahan basahnya diblender semua. Pas beberapa hari lalu pengen bikin lagi, tapiii  telor mahal ih 45 rebu sepiring (isi 30) listrik jug sekarang disayang-sayang ya. Gak kayak dulu beli pulsa 100 rebu bisa buat 1,5 bulan sekarang 200 rebu sebulan, yahh hidup tentunya harus mengalami peningkatan kaaann.. *memotivasi diri sambil nangis guling-guling*.

Bolu Pisang Tepung Beras Tanpa Mikser
Versi hanya pakai baking powder
Jadih.. resep ini adalah modifikasi resep sebelumnya dengan lebih sedikit modal. Telor dikurangi, gula dan listrik dikurangi tapi pisang dibanyakin, xixixi..

Oiaa aku bikin dua jenis nih.. yang kemaren lusa aku bikin pakai baking powder, warna cake pisangnya putih bersih.. secara rasa juga passs moist gak berasa tepung beras lah biasa aja kayak dari terigu. Nah, kemarin aku bikin dari campuran baking powder dan soda kue (seperti resep-resep luar negri) hasilnya warnanya lebih gelap dan dari tekstur lebiihh..lebihhh moissssttt.. bahkan aku mikir kalau gak dikasih minyak pun bakal tetap moist cakenya.

Aku bikin Bolu Pisang Farah Quinn dan versi Bolu Tapenya juga begitu.. kecokelatan kalau pakai soda kue dengan tekstur lebih moist/basah. Jadi terserah kalian deh seleranya yang mana.. okeee ini resepnya.
Bolu Pisang Tepung Beras Tanpa Mikser
Versi baking powder+soda kue
Bolu Pisang Tepung Beras Tanpa Mikser

Panaskan oven, olesi loyang dengan minyak hingga rata. Kue ini hasilnya sedikit, jadi pakai loyang kecil saja misal 15x15x5 atau kali ini aku pakai loyang beling 10x15x5

Dalam baskom adonan sedang masukkan 300 gr pisang yang benar-benar matang (ditimbang tanpa kulit), haluskan dengan garpu hingga kehalusan yang diinginkan.

Kemudian masukkan 1/2 sdt garam, 1 sdm munjung gula pasir dan 1 butir telur, kocok hingga rata, kira-kira gula dan garamnya sudah larut sebagian besar.

Masukkan 50 ml minyak (aku pakai minyak goreng kemasan biasa), aduk rata, terakhir masukkan 100 gr tepung beras yang sudah diayak bersama 1 sdt baking powder (untuk hasil lebih moist bisa dengan komposisi 1/2 sdt baking powder+1/4 sdt soda kue)

Tuang ke dalam loyang yang disiapkan, beri topping sesuai selera, misal irisan pisang, kismis, keju parut atau cokelat chip.

Panggang hingga matang dengan api sedang, bisa dilihat dari permukaannya yang kecokelatan. Tunggu dingin sekitar 20 menit sebelum dipotong agar tidak mudah hancur. Jangan lupa kopi atau tehnya yaaa 😁

0 Response to "Bolu Pisang Tepung Beras Tanpa Mikser"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)