where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Roti Kukus aka Bakpao Lembut

bakpau mudah dan praktis

Akhir-akhir ini anakku suka banget makan bakpao terutama si bungsu Syamil. Biasanya sih beli aja sebiji dua biji sama mobil bakpao yang lewat. Bakpao alias Roti kukus ini dulu pernah aku bikin tapi pakai resep ala tangzhong, resepnya KLIK DISINI. Kali ini aku pengen bikin lagi tapi dengan cara favoritku yang lebih praktis, minim tenaga dan kekotoran tangan, heuheu... yaitu pakai metode biang yang biasa aku pakai buat bikin DONAT. Selain itu aku juga pengen membuatnya dengan takaran yang lebih sedikit dan lebih praktis dengan takaran gelas saja.

Supaya gampang dan cepat membentuknya aku susun aja diloyang ala roti sobek, biar hemat tempat getohh, heuheu.. ini cuma aku isi pakai meses saja ya, bebas kalau mau diisi potongan cokelat blok, abon, keju, krimcis, atau bisa juga dikukus polos tanpa isi setelah matang dan hangat baru dibelah terus diisi selai atau sarikaya, yamiiiii.
roti gepeng cepat praktis
Roti goreng lebih sehat
Diatas adalah foto sebagian adonan yang iseng aku masak diteflon dengan sedikit minyak (3 sdm). Masak dengan api sangan kecil dan tutup wajannya. Jadilah roti gepeng, alias roti goreng lebih sehat. Okee.. ini dia resepnya.

bakpao lembut gampang
kelamaan ngukus jadi peyot


Roti Kukus aka Bakpao Lembut
Alat takar, gelas minum volume 200 ml atau 250 ml

Bahan Biang Kering:
2 gelas terigu
1/2 Bungkus ragi instan
1/2 Sdt garam
4 sdm gula pasir (bisa ditambah jika suka manis)

bahan basah:
dalam gelas masukkan 1 butir telur + 1 sachet kecil santan bubuk atau 1 sachet kecil santan instan, aduk rata dengan garpu kemudian tambahkan air hingga penuh

catatan:
  • santan bubuk sekitar 3 sdm bisa diganti susu bubuk
  • 1 sachet kecil santan instan yang isi 65 ml 
Bahan lainnya:
1,5 gelas terigu
3 sdm (50 gr) margarin

Bahan isi:
meses cokelat secukupnya
Atau potongan cokelat blok, abon, keju, krimcis, atau bisa juga dikukus polos tanpa isi setelah matang dan hangat baru dibelah terus diisi selai atau sarikaya

Cara membuat:

  • Dalam baskom sedang aduk rata semua bahan kering, tuang semua bahan basah kecuali margarin, aduk rata, tutup dengan serbet, diamkan selama 1 jam
  • Masukan margarin ke dalam adonanm remas-remas dan aduk dengan tangan hingga rata, kemudian masukkan 1 gelas terigu, uleni hingga rata, adonan memang lembek sekali, tapi tenang saja, masukkan lagi 1/4 gelas terigu, aduk rata, oke, kita siap mengulen, tenang aja.. cuma 5 samppai 10 menit kok
  • Siapkan, nampan besar atau loyang lebar minimal 30x30 cm. Taburi permukaannya dengan sedikit terigu, tuang semua adonan ke atas nampan
  • Bersihkan sisa-sisa adonan ditangan dengan sisa terigu yang ada, lapisi tangan dengan terigu dan mulai menguleni adonan, seperti orang mencuci baju manual itu loh, adonan diatas nampan, kemudia di lipat, dorong, lipat, dorong, lakukan antara 5 sampai 10 menit. Kalau cepat 5 menit cukup, kalau santai 10 menit oke
  • Bagi-bagi adonan sesuai selera, isi dengan bahan isian, tata diloyang yang sudah diolesi dengan sedikit minyak, jangan lupa beri jarak. Oia kalau aku kemarin aku sisihkan sebagian adonan buat dibikin roti goreng.
  • Tutup loyang dengan serbet dan diamkan lagi selama 30-1 jam atau hingga adonan mengembang lagi. Maksimal profing kedua ini 1 jam saja ya untuk mencegah adonan asem
  • Setelah 1 jam, panaskan kukusan, kukus adonan selama 30 menit, dengan api sedang, Ngukus jangan kelmaaan yah ntar jadi peyot 
  • Selamat menikmati roti sobek kukus, kopi mana kopiiii..
Membuat roti goreng
  • Untuk membuat roti goreng setelah dibentuk dan diisi, kemudian gepengkan adonan, diamkan sekitar 15 menit saja. Tapi mau 30 menit juga boleh sih, hehe
  • Panaskan wajan datar, beri 3 sdm saja minyak, bisa ditambah 1 sdm margarin atau butter jika ingin lebih wangi. Panaskan dengan api kecil saja yesss..
  • Masukkan adonan secukupnya, jangan terlalu penuh, pastikan api keciiilll yah, tutup wajan, masak sekitar 5 menit, cek jika bawahnya sudah cokelat muda balik rotinya, tutup wajan dan masak lagi hingga sisi lainnya mateng



0 Response to "Roti Kukus aka Bakpao Lembut"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)