where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Roti Santan Gulung Kayu Manis ( Tanpa Telur)

Roti Santan Gulung Kayu Manis
Beberapa hari lalu aku bikin adonan Roti teflon santan dua kali lipat resep. Di masak 1/4 adonan saja dan sisanya aku bungkus plastik masukin kontainer tertutup taruh kulkas. Pengen tau aja gimana kalau gak difrezer. Pas keesokan harinya diperiksa adonannya masih mengembang, maksa keluar dari kontainer dan berhasil keluar sedikit, mungkin sebesar jempol.

Karena adonan masih lumayan banyak supaya beda aku bikin aja jadi roti gulung kayumanis atau bahasa kerennya cinnamon roll. Beberapa kali bikin cinroll ini (tapi ga pernah diposting) kesimpulanku cinroll ini gampang banget dan bisa dibikin dari semua mua adonan roti bahkan donat, xixixixi... soalnya aku suka ngasal bikinnya yang penting kan digulung pakein taburan kayu manis, hahaha...

Hasilnyaaa.. wahh.. yamiiii... mantap dan empuk karena adonan mengandung santan, walaupun minus telur. Sayangnya permukaan kue gak bisa cokelat walaupun sudah mateng, emang sih permukaan kue gak kuoles apa-apa. Tapi masa iya bener-bener cuma putih begini, pasti ada yang gak beres sama ovennya #modus

Untuk olesan kayu manisnya ada orang ditambahin butter/margarin ada juga yang ditabur saja. Aku pilih yang tanpa butter/margarin jadi tinggal tabur saja. Lumayan maaakk mengurangi asupan lemak, heuheu..
Roti Santan Gulung Kayu Manis

Roti Santan Gulung Kayu Manis (Tanpa Telur)
www.tehninit.com
Alat takar adalah gelas volume 200 ml hingga 250 ml

Bahan biang:
1 gelas rata terigu
1 sdt ragi instan  (fermipan/haan)
1/2 sdt garam
3 sdm gula
Semua bahan diatas diaduk rata kemudian tambahkan 1/2 gelas santan. Yaitu dari 1 bungkus kecil kara+air hingga jadi 1/2 gelas. Semuanya diaduk rata, tutup pakai serbet, diamkan 1 jam

Bahan 2 siapkan:
3 sdm margarin
1 gelas terigu

Bahan Taburan:
1 sdt kayu manis bubuk
3 sdm gula palem
perbandingan takaran taburan ini suka-suka aja ya. Jika ingin lebih berlemak bisa ditambah 1 atau 2 sdm margarin atau butter, kemudian diaduk rata
  • Jika sudah 1 jam ke dalam baskom biang masukkan margarin, aduk sampai rata pakai tangan, masukkan 1/2 gelas terigu aduk rata
  • Pindah adonan ke nampan lebar, taburi sisa tepung, uleni selama 10 menit. Menguleni seperti orang mencuci baju
  • Bulatkan adonan, giling melebar bentuk persegi panjang dengan ketebalan kira-kira 1 cm
  • Taburi/oles dengan bahan taburan. Gulung  memanjang. Potong-potong dengan pisau tajam dan besar, susun diloyang yang sudah diolesi minyak, beri jarak
  • Tutup dengan serbet, diamkan selama 30 menit
  • Panaskan oven, Masukkan adonan, oven dengan api sedang hingga matang, sekitar 30 menit
  • Supaya lebih praktis biasanya untuk proofing kedua langsung aja masukin oven dingin. Pas sudah 30 menit nyalakan ovennya, tunggu deh sampai mateng
  • Di tempat asalnya di barat sana cinroll ini setelah mateng disiram sama cream cheese frosting ataupun sekedar glaze (glasur), tapi aku lebih suka gini aja, gak doyan terlalu manis. Udah enak kok ditemenin indocafe panas, hoho..


manual, sambil ditaburi sisa terigu jika lengket.

0 Response to "Roti Santan Gulung Kayu Manis ( Tanpa Telur)"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)