where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Telur Dadar Tebal

Telur Dadar Tebal
Dapat resep telur dadar tebal ini dari salah satu anggota grup tapi sudah lupa siapa dan dari grup apa, hehe.. soalnya sudah lama banget dan baru dipraktekkan lagi. Secara takaran gak dikasih detil ya jadi aku karang-karang saja. Hasilnya bisa mengembang gak kempes lagi, lembut, dan surpraisnya teksturnya itu loh... berpori seperti bolu, nasinya gak kerasa dan anak-anak doyan.

Kalau lihat telur dadar tebal tuh suka ingat sama telur dadar di rumah makan masakan padang yang telurnya tebaaaaalll banget. Pertama kali tahu ada telur dadar setebal itu waktu mampir di RM. Padang Sederhana di food court dalam perjalanan dari Jakarta menuju Bandung. Belakangan baru tahu kalau RM Sederhana itu ngetop, xixixi... itu juga pertama kalinya makan di rumah makan padang yang agak beda caranya dengan di rumah makan lainnya.

Begitu di Bandung tepatnya di Jl. Geger Kalong girang ketemu lagi sama sitelur dadar ini. Sayangnya waktu itu walaupun sempat beli tapi aku gak tersepona sama rasanya. aku lebih sering makan dan cocok sama masakannya warteg. Namanya warteg Cempaka, ada Cempaka 1 dan 2 kalau gak salah. Yang punya orang Madura. Aku cocok karena disitu tuh banyak masakan berkecap. Salah satu jenis masakan favoritku sepanjang masa. Komplit ada ayam kecap, telor kecap, cumi kecap. Yang sering kubeli telor ceplok kecap. 

Kalau cumi gak berani beli soalnya mahal, Tahun 2007 sicumi dihargain 3000 sebiji belum nasi dan sayurnya. Padahal sekali makan aku narget paling mahal 4000 saja, 3000 lebih baik, wkwkwk... aku hemat-hemat karena pengen punya uang lebih buat beli novel. Secaraaaaaaaa disana ada toko buku yang ngasih diskon 30% buat semua pembelian buku mana bukunya disampulkan dulu secara gratis. namanya toko kang Adjie gitu apa Ajie, entahlah aku sudah lupa, dah 10 tahun berlalu masih ada gak yaaa tokonya. Ya Allah semoga suatu saat dikasih kelapangan dalam segala hal biar bisa napak tilas ke Bandung dan sekitarnya.. hikzzz..

Lah, dari telor dadar kok jadi ke toko buku, sepertinya aku lapar lagi, wkwkwk... oke deh ini resepnya ya..
Telur Dadar Tebal
Telur Dadar Tebal

Bahan-bahan:
2 butir telur
4 sdm munjung nasi
1/4 sdt kaldu bubuk atau garam

Cara membuat:

  • Campur semua bahan jadi satu, blender hingga benar-benar halus dan warna terlihat memutih (kali ini aku coba pakai chopper dan hasilnya sama aja kok, biasanya sih pakai blender biasa) Blender agak lama ya sekitar 2 menit. Gak papa stop beberapa kali
  • Panaskan beberapa sendok minyak goreng diwajan, aku pakai wajan datar. Masukkan blenderan telor dan nasi, masak hingga bawahnya matang kemudian dibalik, masak hingga matang
  • Jika ingin variasi, setelah diblender, masukkan irisan bawang daun, seledri, cabe atau bawang iris ke dalam blender,  aduk sedikit dengan sendok, baru didadar

2 Responses to "Telur Dadar Tebal"

  1. Pengen banget nyobain ini, teh. Sayangnya belum boleh makan telur. Hiks 😢

    ReplyDelete

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)