where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Jus Sayur Enak Segar Obat Darah Rendah

Jus Sayur obat darah rendah
Salah satu resolusi besar tahun ini adalah hidup lebih sehat. Mencoba menghilangkan kata diet karena berkali-kali mencoba makan makanan sehat dengan tujuan menurunkan berat badan pasti gagal. Biasanya sih 2 minggu gitu berat badan gak turun-turun lagi akhirnya memutuskan "istirahat" makan sehat akhirnya istirahat selamanya, wkwkwkwk..

Sekarang sadar ya Allaaahhh usiaku sudah 32 tahun masih jugaaaa kalah sama makanan dan selalu jatuh ke lubang yang sama. Setelah bolak balik nonton youtuber-youtuber aliran vegan, clean eating maupun rawfood akhirnya memutuskan berusaha sejauh mungkin menendang kata "DIET" dari hidupku. Terus terang kata diet ini membebani ya, karena identik dengan turun berat badan dan kalau gak turun-turun artinya diet gagal dan itu bikin lumayan setres.

Akhirnya aku bertekad untuk hidup sehat, dimulai dari hidup lebih sehat. Mau langsing atau tidak pokoknya aku harus lanjut demi hidup sehat. Mau turun atau tidak  berat badan aku harus teruuusss hidup sehat menjaga tubuh yang telah di karuniakan Allah ini sebagai bentuk rasa syukur. Kata mbak Dewi Hughes di youtube yang penting tujuan utamanya hidup sehat, turun BB / langsing adalah bonus besarnya. Oh iya mbak Dewi Hughes ini sekarang punya akun youtube loh. Isinya sharing cara hidup sehat berdasarkan pengalaman beliau turun berat badan sebanyak 40 kg selama 8 bulan dengan cara clean eating, makan bersih, makan real food, tanpa suplemen apa-apa.

Nah tentang jus obat darah rendah ini. Awalnya aku yang suka mantengin IG nya salah satu penganut aliran makan rawfood alias Tannyraw, dia ini cuma makan makanan mentah aja. Suatu hari dia posting di IG katanya dulu sebelum mulai makan rawfood dia sakit-sakitan. Banyak penyakit yang dia derita salah satunya darah rendah yang parah. Nah, sakit itu sekarang sembuh karena dia rajin mengkonsumsi sayuran mentah berwarna hijau. Karena sayuran hijau mengandung zat besi tinggi. Dia makan sayurannya dalam segala bentuk, ya dibikin salad, di jus, di bikin smoothies, apa ajalah yang penting masuk dalam keadaan mentah.

Aku langsung terinspirasi dong, secara darah rendahku memang agak mengganggu. Mengganggu banget malah akhir-akhir ini. Dirumah aja aku sering sakit kepala. Jalan keluar nih, ngobrol sama teman lebih dari 1 jam duduk pulang-pulang sakit kepala. Jalan keluar 1 jam sambil gendong Syamil pun sakit kepala. Dan yang paling jengkel kalau jalan-jalan keluar dalam rangka piknik entah pakai motor, atau numpang mobil, pastiiii sakit kepala. Jadi aku gak bisa jauh dari yang namanya sangobion, parasetamol/bodrex dan minyak angin aromaterapi.

Singkat kata aku praktekan ini. Dulu ku sudah pernah bikin tapi gak telaten dan gak paham manfaatnya, dulu kan karena mau kurus aja tapi gak kurus-kurus, hihihi. Alhamdulillah aku sembuuhh. Gak perlu nunggu seminggu tapi minum ini salam sehari langsung terasa badan segar dan gak sakit kepala. Kemarin piknik ke pantai juga gak apa-apa, tetap seger. pulang-pulang anak-anak dan suami tepar aku tetap seger aja.

Rasanya jus sayur gimana? hmmm dijamin enaaakk, segerrr, ini karena ada nanasnya yang menghilangkan langunya sayuran hijau mentah. Kesimpulanku atas diriku, aku ini kurang gizi, iyesss... aku gendut tapi kurang gizi. Gendutku karena kelebihan kalori dari segala makanan penuh gula, tepung, karbohidrat dan minyak tapi minim protein, vitamin dan mineral yang esensial untuk makanan sel-sel tubuh, hikzzzz,.

Akhir kata,  jika ingin sembuh dari darah rendah permanen bukan minum jus sekali dua kali. Tapi penuhi kebutuhan harian tubuh akan zat besi, vitamin-vitamin dan mineral lainnya dengan mengonsumsi berbagai macam sayuran dan buah. Paling berasa khasiatnya jika dimakan/minum mentah. Bisa dibikin salad/dipecel/gado-gado/karedok, jus atau smoothies. Dengan smoothies kita dapat gizi plus seratnya. Dengan di jus kita bisa mendapat banyak ekstrak gizi dengan cara yang mudah mengonsumsinya tinggal glek dan mudah pula diserap tubuh. Mana yang lebih baik? kita butuh semua, jadi yang terbaik adalah selang seling. oke deh ini resepnya.

Jus Sayur Enak Segar Obat Darah Rendah

2 genggam sawi yang sudah bersih dipotong-potong
1 genggam nanas yang sudah dipotong-potong
1 gelas air minum
1 sdm madu sebagai pemanis

Cara Membuat:
Blender sawi dan nanas dengan segelas air hingga halus sekali. Ini namanya smoothies, bisa langsung diminum, setelah dituang ke gelas dan diberi madu. Jika merasa gak sanggup menelan bisa disaring dahulu alias diambil jusnya. Dengan cara disaring maka rasa jus jadi lebih manis walaupun tanpa madu. Tapi kalau mau dikasih madu pun oke saja. Dengan hanya diambil sarinya saja akan membuat gizinya lebih mudah diserap tubuh. aku sendiri selang seling ya minumnya kadang  pakai ampasnya kadang juga disaring

Minum jus ini pagi hari saat perut kosong atau sore pun saat perut sudah kosong beberapa jam dari makanan tujuannya supaya lebih mudah dan cepat diserap tubuh.

Alternatif pengganti bahan:
  • Sawi bisa diganti bayam maupun selada, aku pernah pakai sawi yang kecil-kecil itu aduuhh gak enak, pedes bok,, jadi yang kupakai ini sawi hijau yang besar-besar daunnya dan panjang batangnya
  • Nanas bisa diganti apel atau pear, jika diganti apel atau pear jangan lupa tambahkan perasan air jeruk nipis atau melon ketika akan diminum. sekitar 2 sdm. Karena nanas, lemon dan jeruk nipis mengandung vitamin C tinggi mempermudah penyerapan zat besi didalam tubuh, begitu dari yang kubaca di IG Tannyraw dan juga literatur lainnya

4 Responses to "Jus Sayur Enak Segar Obat Darah Rendah"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)