where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Cireng Krispi

Cireng Krispi

Akhirnyaaaaa kesampaian jugaaa bikin dan makan cireng krispi. Kenangan indah bersama cireng ini terjalin 10 tahun lalu saat aku masih menimba ilmu di Ponpes Daarut Tauhid Bandung. Di depan masjid dulu ada ibu-ibu jualan gorengan macam-macam. Yang paling memanah hatiku itu bayem goreng sama cireng. Cirengnya itu beda sama lapak lain. Si ibu ini cirengnya keriting kriwil-kriwil. Makanya aku terobsesi sama cireng macam itu. 

Dari setahunan lalu baru tau kalau cireng yang benar itu pembuatannya memerlukan biang. Cari-cari resep nemu yang gak pakai biang, pakai air panas aja. Nyoba dan lumayan suka walau gak keriting. Entah kenapa malaaasss banget nyoba cireng yang benar ini.. padahal tinggal lempar-lempar aja khaann.. tapi itulah, memasak itu seperti halnya seniman. Butuh momen yang pas untuk bangkit dari tidur-tiduran (???) wkwkwkwk...

Akhirnya momen itu datang setelah adik aku si mamahnya Erlyta bertubi-tubi kirimin foto cirengnya. Makin hari makin mantap hingga aku mentahbiskannya sebagai Master Cireng, wkwkwkwk. Bolak balik minta resep ilang mulu sebelum di eksekusi.. Setelah yang ketiga kalinya minta resep akhirnya turun dapur..  hasinyaaaa gagal.. wkwkwkwk... udah jelas-jelas resep ditangan pikiran kemana jadi gak pakai takaran. Hasilnya cireng yang mengembang maksimal pas diangkat terus peyot, hikss...  asumsiku itu karena kurang tepung kanjinya.. akhirnya besoknya aku coba lagi dan inilah hasilnya.. Berhasil yaa menurutku.. krispi beneran walaupun belum seperti cireng dambaanku yang keriwil-keriwil manjah. Tapi ini sudah okeee bingitss.. kurangnya cuma warnanya aja yang butek. Aku gorengnya bener-bener ditungguin sampe cokelat karena parno duluan takut kurang krispi. Okeeeh ini resepnya dari adikku yang dia dapat dari grup masak Langsung Enak.

Cireng Krispi
sumber grup LE

Bahan Kering :
150 gr aci/tapioka/kanji

Bahan Biang :
50 gr kanji
150 ml air biasa / suhu ruang
2 siung bawang putih dihaluskan
1/2 sdt garam ( saya 3/4 sdt ) --->  aku gak pake
1/2 sdt kaldu bubuk (Saya pakai 1/4 sdt ) ---> aku 1 sdt
1/4 sdt gula tambahan dari saya ---> aku gak pake
1/4 sdt merica bubuk tambahan dari saya
1 batang daun bawang, iris halus ---> aku gak pake

Tepung tapioka untuk taburan, secukupnya, ga pake taburan, sebab masih sisa

Cara membuat :
  1. Dalam panci teflon campur kanji 50 gr, bawang putih halus, garam, kaldu bubuk, merica bubuk, gula dan daun bawang & air, aduk rata dan sisihkan.
  2. Dalam mangkok masukkan kanji yang 150 gr
  3. Setelah bahan biang diaduk rata, nyalakan kompor, masak sampai jadi lem
  4. Segera tuang biang panas ke dalam campuran aci kering. Uleni pelan-pelan menggunakan tangan. Hati-hati ya karena biang masih panas, gunakan ujung jari saja untuk nguleni. Setelah menghangat, uleni menggunakan telapak tangan sampai rata dan jadi menggumpal. Adonan biang agak ditarik tarik, balurin ke tepung kanji supaya bisa menyatu dengan biangnya.
  5. Ambil sejumput adonan dan bentuk menjadi  pipih. Lakukan sampai adonan habis.
  6. Panaskan minyak goreng agak banyak, setengah panas, masukkan cireng dalam minyak dan goreng menggunakan api agak sedang sampai matang dan sedikit kering. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat.

Note : kalau mau krispy adonan jangan diulen kalis, cukup ditarik tempelin ke tepung

0 Response to "Cireng Krispi "

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)