where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Mie Nyemek Sambel Terasi

Mie Nyemek Sambel Terasi
Kapan hari tuuu bikin mie ini.. sebenarnya abinya mintanya mie goreng tapi pas masak biasa deh sambil eksperimen tambah ini itu jadilah mienya nyemek alias gak berkuah sedikir gak sekering mie goreng. Rasanya enaaaakkk banget. Kaya rasa yaa.. kuahnya mirip-mirp semur tapi lebih berrrrasa dengan tambahan sambel terasi. Pas dirumah memang banyak sambel terasi instan jadi sekalian ngabis-ngabisin.
Mie Nyemek Sambel Terasi
Gak terasa dah lama juga aku gak masak mie instan. Bukannya anti tapi gara-gara abijnya gak tahan sama mie instan merk tertentu. Tepatnya gak tahan sama bumbunya. Jadi kalau makan mie instan tersebut plus bumbunya maka akan sakiittt melilit perutnya. Satu jenis mie itu aja sebenarnya yang bikin sakit, mie goreng instan kayaknya gak papa sih maksudnya gak separah mie tersebut efek jahatnya. Tapi aku males dah beli mie instan secara udah nemu penggantinya yang jauuuh lebih fleksibel dan tentunya yang paling utama lebih hemat, wkwkwkwk..

Apalagi sekarang dah bisa masak sendiri mie goreng dan kuah simpel maupun berat yang sesuai selera. Waktu yang dibutuhkan juga kurang lebih aja. Jadi aku beli mie satu kemasan besar merk Ekomie tuh cuma 9 rebu isi 10 apa 12 keping gitcu waaa asik banget kaaann bisa suka-suka bikin dadar mie, mie kuah, goreng dll.. selain itu teksturnya mie ini mirip-mirip mie instan. Kecil-kecil dan gak terlalu lama kalau dimasak. Hwokeeyyy ini dia resepnya..
Mie Nyemek Sambel Terasi

Mie Nyemek Sambel Terasi
Untuk 2 porsi

Bahan-bahan:
2 keping mie telur, rebus 3/4 matang, mie nya seukuran mie instan ya
2 butir telur, dibuat orak arik
1 ikat / secukupnya sawi hijau, potong-potong
5 butir bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, geprek cincang halus
1 saset sambal terasi instan/1 sdm munjung, aku pakai merk ABC
2 sdm kecap manis
1 sdt kunyit bubuk
2 atau 3 sdm santan instan
1/2 Sdt merica bubuk
1 sdr kaldu bubuk, bisa ayam maupun sapi
1/2 Sdt garam
300 ml air 

Cara Membuat:
  • Panaskan 5 sdm minyak minyak goreng, goreng bawang merah hingga kering menjadi bawang goreng, tiriskan
  • Diminyak bekas menggoreng bawang merah tumis bawang putih dan kunyit bubuk hingga wangi, masukkan kecap manis dan sambal terasi, aduk hingga mendidih
  • Masukkan air, santan, kaldu, merica, garam dan sawi, didihkan, kemudian masukkan mie dan telur orak-arik, didihkan dan aduk beberapa saat, cicipi, jika dirasa sudah pas angkat
  • Sajikan dengan taburan bawang goreng, jeruk nipis dan telur rebus



2 Responses to "Mie Nyemek Sambel Terasi"

  1. Jadi kangen mi instan gegara liat dan baca ini. Bulan ini pengen stop mi instan untuk hidup lebih sehat.

    Mmmmm..., enak banget tuh, mba. Ngiler deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneeerr mbak.. pake ekomie ini aja sama kok teksturnya.. mana lebih murah n sekeping lebih banyak hasilnya..dapatkan diwarung2 terdekat..xixixi

      Delete

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)