where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Mihun/Misoa Kuah Gurih Ikan Tongkol

Bihun Kuah Gurih Ikan Tongkol

Dua mingguan ini entah kenapa aku tuh keranjingan makan mihun/misoa inih. Hampir tiap hari loh.. dimulut nih pengennya yang gurih pedes dan berkuah gitu. Terus juga nafsu makan meningkat padahal gak lagi PMS. Pikir punya pikir baru nyadar sebulanan ini cuaca mendung dan hujan mulu.. ternyata cuaca berefek pada nafsu makan.. gawat sih ๐Ÿ˜ญKalau makan mie aku males ya soalnya suka bikin perut gak enak walaupun itu mie telor yang sering aku stok. Kalau si mihun/misoa nih lebih ringan gitu diperut. Kalau bikin mihun kuah ini biasanya aku pakai telor rebusnya 2 yah.. gak puas kalo cuma satu, ngihihihi..

Resepnya sama sajah dengan resep Mihun/misoa kuah kare super praktis yang bolak balik aku bikin. Bedanya ini pakai suwiran ikan tongkol dikuahnya. Karena pas aku masih punya banyak ikan tongkol ungkep dikulkas. Jumlahnya suka-suka lah ya sesuai selera. Kalau kalian ada sisa-sisa ikan goreng atau rebus jangan disia-siakan mereka ya.. segera lemparkan mereka dalam kuah mie/mihun dijamin syedaaapp... jadi gak cuma ayam suwir yang maju๐Ÿ˜‚


Mihun/Misoa Kuah Gurih Ikan Tongkol
untuk 1 porsi

Bahan-bahan:
50 gr mihun/bihun/misoa
500 ml air
1/2 sdt kunyit bubuk + 1/2 sdt ketumbar bubuk (jika ada bisa diganti 1 sdt bumbu kare bubuk )
1/2 sdt kaldu bubuk rasa ayam
1/3 sdt merica bubuk
1 sdm rata gula merah, bisa diganti 1 sdm kecap manis
1 sdm santan instan
2 potong (sesuai selera) ikan tongkol matang (rebus, kukus ataupun goreng) suwir-suwir

Bumbu:
4 butir bawang merah diiris tipis
2 siung bawang putih digeprek dicincang halus
1 batang kecil bawang daun

Pelengkap:
telur rebus
Kerupuk
Jeruk nipis
Sambel

Cara Membuat:
Panaskan 4 atau 5 sdm minyak, goreng bawang merah hingga kering jadi bawang goreng, tiriskan

Sisakan 1 atau 2 sdm minyak bekas menggoreng bawang diwajan, masukkan.bawang putih, bawang daun dan bumbu kare, tumis hingga wangi, tuangkan air, masukkan gula merah, merica dan kaldu bubuk, dan ikan tongkol suwir, didihkan. Jika pakai kecap manis masukkan kecap setelah bumbu bawang harum, aduk2 hingga terkena minyak baru masukkan air

Masukkan mihun dan santan, masak hingga matang, cicipi rasanya

Sajikan bersama pelengkap ๐Ÿ˜˜๐Ÿ‘๐Ÿ‘Œ 

3 Responses to "Mihun/Misoa Kuah Gurih Ikan Tongkol"

  1. Iyo mbak.. ga nulis blog lagi kah mbak?apa diblog satunya?

    ReplyDelete
  2. Lagi kehabisan bahan untuk ditulis, mba. Heheheh

    ReplyDelete

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)