where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Kaastangel Manis Renyah Tanpa Telur

Kaastangel Manis Renyah Tanpa Telur

Gak ada angin gak ada hujan tiba-tiba suatu sore Sulthan minta kue keju persegi panjang. Surpraise dong secara anak-anak nih sudah setahunan ini terindikasi wabah kebosanan pada kue-kue buatan emaknyah, wkwkwkwk.. mumpung minta langsung semangat doong sayah. Alhamdulillah semua bahan juga ada. Habis magrib cus dibikin dan kali ini pengen nulis resep yang dahulu pernah dibikin tapi resepnya gak ditulis.

Jadi duluuu sekali sekitar tahun 2012 gitu aku pernah bikin kastangel panjang-panjang. Ada kali 10 cm panjangnya. Lebarnya 1 cm aja. Itu renyah walau tanpa telur. Waktu itu adonannya kutambah maizena. Entah kenapa waktu itu gak cepet-cepet ditulis resepnya jadi lupa. Kali ini aku mau bikin seperti itu tapi tanpa maizena. Bisa renyah apa gak.. bisaaaa lah secara gituh margarinnya banyak. Supaya renyahnya maksimal aku giling adonannnya tipis aja sekitar 3 mm. Sebenarnya ada maizena tapi aku malas karena ukuran besar, xixixi..

Lama gak bikin kuker wadooohh entjoookkkk emak nih.. ngadon kukernya cuma 5 menit. Lha ngegiling, motong-motong en mindahin ke loyang dengan ati-ati banget karena adonan yang rapuh serapuh dompetku😂 terus olesin telur dan terahir taburin keju parut itu yang berjam-jam😭 tapi gak papa lah demi menunjukkan eksistensi kasih sayang ke anak apalagi hasilnya mantap huehue.. 

Aku tuh suka keju tapi gak fans berat. Cukup aja kadarnya gak suka juga terlalu ngeju dan kalau bikin sesuatu yang berkeju pastilah rasanya manis. Masih belum bisa terima makanan ala bule yang kejunya ditaro dihidangan gurih misal ayam saus keju, lha kastengel klasik aja gak doyan kok, ohh ora sudiiii..

Kaastangel Manis Renyah Tanpa Telur

Oke ini resepnya ya.. kalau gak punya timbangan aku ada resep yang pakai takaran gelas, klik aja
 RESEP INI  Resepnya pakai kuning telur tapi gapapa kalau pengen gapake telur skip saja tinggal kurangi jumlah tepung sampai adonan pas dipulung

Baca juga kue keju goreng renyah alias biji ketapang keju

Kaastengel Manis (Kuker Keju Manis)
resep hasil  eksperimen sendiri

Bahan-bahan:
200 gr margarin
100 gr gula halus
100 gr keju cheddar parut
250 gr terigu
Jika diinginkan bisa ditambahkan 1/2 sdt vanili, aduk bersama margarin da gula bubuk

Olesan dan taburan:
1 butir telur dikocok lepas dan keju cheddar parut secukupnya
Kaastangel Manis Renyah Tanpa Telur
Cara Membuat:
  • Campur margarin dan gula bubuk, aduk menggunakan sendok kayu atau centong nasi hingga menjadi lembut dan creamy sekitar 1 menit
  • Masukkan keju parut, aduk rata
  • Masukkan terigu, aduk rata, gumpalkan dengan tangan
  • Panaskan oven 
  • Gilas adonan, cetak sesuai selera, jangan terlalu tebal, sekitar 3  mm saja, olesi telur yang sudah dikocok lepas, taburi keju parut
  • Oven dengan api sedang cenderung kecil selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang

1 Response to "Kaastangel Manis Renyah Tanpa Telur"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)