where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Sayur Lodeh Enak No Ulek-Ulek dan Cerita Diet Ketogenik


Sayur Lodeh Enak No Ulek-Ulek
Waaaahhh lamanyaaaaaa gak posting resep baru disini. Sebenarnya masih bikin-bikin tapi gak seru, gak ada yang baru karena pas akhir agustus itu aku mulai ikutin pola diet low carbs alias ketogenik. Jadi diawal-awal masih meraba-raba makanan yang boleh dan pas dimakan sama diriku. Sekarang sudah hampir 4 bulan alhamdulillah betah semoga jadi pola makanku selamanya karena ku merasa cocok dari segi kesehatan, berat badan dan makanannya. Gak kayak diet vegetarian yang kumerasa menderita karena mulut jablay tanpa kehadiran ayam dan ikan, xixixi..

Ketogenik yang aku jalani termasuk santai ya, bukan yang ketat-ketat banget wajarlah turunnya juga gak drastis-drastis amat. Tapi gapapa sebagai orang dengan moto "lapar gak lapar tetap makan" bisa turun 6 kg selama hampir 4 bulan itu sangat membahagiakan karena berasa gak diet (karena makanannya cocok dilidah semua dan enak diperut) dan berasa gak mengorbankan apapun karena sering cheating, wkwkwkwk..

Selama waktu ini aku lumayan sudah banyak eksperimen resep-resep ketogenik. Sebagian ada yang aku posting di IG aku sebagian lagi males aku posting, heuheu.. rencanaya nanti mau aku bikinkan blog khusus semoga cepat terlaksana.

Buat teman-teman yang belum tau diet ketogenik itu simpelnya diet rendah karbohidrat. Jadi kalau biasanya dalam piring itu porsi nasi kita 70% karbo (nasi), sisanya lauk dan sayur dan bagi kita-kita yang sudah lebih peduli kesehatan biasanya berusaha agar makanan kita sesedikit mungkin mengandung lemak. Nah dalam ketogenik itu semua dibalik, 70% lemak, 25% protein dan 5% karbohidrat. Jadi bisa dibayangkan kalau piring yang kita makan akan berisi 2 atau 3 potong gulai ayam/daging dan sepiring sayuran. Karbohidrat dalam ketogenik diusahakan diambil dari karbohidrat sehat yaitu sayuran yang hanya mengandung 6-7 gr karbohdrat per 100 gr nya.

Masih panjang yah kalau mau dijelasin termasuk detil pengalaman aku selama hampir 4 bulan menjalaninya tapi  ceritanya lain kali saja disambung lagi karena kita harus menghormati resep sayur lodeh no ulek yang mau tampil berikut ini, xixixixi..

Resep sayur lodeh ini sangat praktis karen tetap enak syekali walau tanpa ulek. Punyaku ini enaaakk tapi kurang syedep. Sebabnya karena aku pakai santan instan. Jadi kalau mau rasa, aroma dan penampilannya to the moon and back usahakan pakai santan segar, yang rada encer aja udah syedap kok kalau santannya seger. Kalau santan kemasan walaupun kental cukup sampai enak syekali saja tingkat kelezatannya.

Sayur Lodeh Enak No Ulek-Ulek

Coba juga:

Sayur Lodeh Enak No Ulek-Ulek

Bahan-bahan:
1 buah labu siam (sekitar 200-250 gr setelah dikupas), kupas, potong-potong, beri 1 sdt garam, remas-remas
2 genggam tahu goreng yang sudah dipotong dadu
1 genggam kacang panjang
100 ml santan instan
700 ml air

Bumbu-bumbu:
5 butir bawang merah, iris tipis
5 siung bawang putih, geprek, cincang halus
1 sdt kunyit bubuk
1 sdt ketumbar bubuk
1/2 blok terasi instan
1 ruas jempol lengkuas, belah 2, geprek
2 kelopak serai
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir, atau gula merah secukupnya atau 1/2 saset gula diet
garam dan penyedap secukupnya

Sayur Lodeh Enak No Ulek-Ulek
sajikan dengan lontong dan telur bumbu bali, mangstap

Cara Membuat:
  1. Panaskan 5 sdm minyak, goreng irisan bawang merah hingga jadi bawang goreng, tiriskan, sisihkan
  2. Di sisa minyak bekas menggoreng bawang merah, dengan api kecil masukkan bawang putih cincang dann terasi, aduk sambil ditekan-tekan hingga terasi hancur, masukkan lengkuas geprek, ketumbar dan kunyit bubuk, aduk hingga harum. Masukkan labu siam (tidak perlu dibilas lagi dari garam). Aduk rata. Tutup wajan dan masak dengan api kecil hingga 1/2 matang sambil sesekali diaduk agar tidak gosong
  3. Tuangkan air, tahu dan kacang panjang, serai, daun jeruk, garam dan merica. Tutup lagi wajan dan masak hingga matang
  4. Terakhir masukkan santan instan dan gula diet, masak lagi hingga mendidih, jangan lupa cicipi rasanya
  5. Terakhir taburi bawang goreng sajikan hangat dengan lontong Praktis dan telor bumbu bali/masak habang, ohh.. wonderful in a plate..

0 Response to "Sayur Lodeh Enak No Ulek-Ulek dan Cerita Diet Ketogenik"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)